Ayat Tentang Silaturahmi Idul Fitri


Seperti biasa, dalam tradisi masyarakat kita, setelah melakukan ibadah puasa Ramadhan, maka Hari Lebaran adalah hari yang sangat spesial bagi kita. Selain kita bisa berkumpul bersama keluarga di kampung halaman, lebaran merupakan ajang halal bihalal yang biasa dilakukan sebagai sebuah tradisi. Lalu adakah ayat tentang silaturahmi idul fitri yang merupakan kebiasaan yang sangat baik ini ?

Meskipun kata halal bi halal adalah kata Arab, tetapi orang Arab tidak akan mengerti artinya karena halal bi halal ini hanya ada di Indonesia dan merupakan ciptaan orang Indonesia sendiri.

Makna halal bi halal bertujuan untuk menciptakan keharmonisan antar manusia. Jadi meskipun itu adalah kata terpisah dari penciptaan dari orang Indonesia, sifat bi-halal halal adalah inti dari ajaran Al Quran.

Ayat Tentang Silaturahmi Idul Fitri

Dalam Al Qur'an disebutkan betapa pentingnya makna halal bi halal yakni dengan menjaga persahabatan dan saling memaafkan. Seperti yang Allah SWT firmankan dalam Surah Al-A'raf ayat 199 dan huruf Ar-Ra'du ayat 21.

"Jadilah engkau pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang makruf, serta berpalinglah dari orang-orang yang bodoh" 
(QS. Al-A'raf:199)

“Dan orang-orang yang menghubungkan apa-apa yang Allah swt perintahkan supaya dihubungkan (Yaitu mengadakan hubungan silaturahim dan tali persaudaraan).” 
(QS. Ar Ra’du : 21)

Allah SWT berfirman dalam surat Al Hujurat 10 yang artinya,

“Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.”

Dalam ayat lain, Allah Azza wa Jalla berfirman.

Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah, kamu berlaku lemah-lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu, maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. 
(Ali Imran :159)

Demikianlah beberapa dalil Al Quran atau ayat tentang silaturahmi idul fitri yang mudah-mudahan bisa memperkuat kita dalam pengamalan kebiasan baik tersebut. Selanjutnya baca pula :
- ayat alquran tentang silaturahmi
- ayat tentang halal bihalal
- ayat tentang pentingnya silaturahmi
- ayat tentang menyambung silaturahmi
- ayat tentang silaturahmi keluarga
- mengapa ketika hari raya idul fitri disunahkan bersilaturahmi
- hukum silaturahmi di hari raya idul fitri
- dalil halal bihalal dan silaturahmi

Sumber :
https://www.liputan6.com/ramadan/read/3982118/ini-makna-halal-bi-halal-berdasarkan-al-quran-dan-hadits
https://almanhaj.or.id/3159-maaf-memaafkan-dalam-rangka-hari-raya-disyariatkan.html

============================

LAGI PROMO

Kaos Pakai Nama Anak
Topi Pakai Nama Anak
Kupluk Pakai Nama Anak
Ensiklopedi Asmaul Husna
Setan Pun Hafal Ayat Kursi
==========================
Back To Top