Pahala Membaca Al Quran di HP


Bagaimana perbandingan pahala membaca Al Quran di HP dan di Mushaf ? Menurut Muslim, membaca Al Quran dengan melihat mushaf lebih utama daripada membaca Al Quran lewat hp atau android jika keduanya kebetulan ada.

Maksudnya gini, jika di suatu tempat, kita akan membaca Al Quran, dan kebetulan ada mushaf dan ada hp, maka yang utama digunakan adalah Mushaf. Mengapa ? Karena kekhususan mushaf tujuannya adalah memang untuk dibaca, sementara kekhususan hp tujuannya adalah untuk komunikasi.

Selain itu, Nabi bersabda bahwa : “ Siapa yang ingin dicintai oleh Allah dan Rasul-Nya, maka bacalah mushaf .”

Dengan hadits di atas dapat disimpulkan bahwa memang pahala membaca Al Quran lewat mushaf lebih besar daripada membaca via aplikasi hp. Disamping itu kemuliaan mushaf lebih tinggi dari hp. Coba, apakah Anda berani membawa mushaf ke WC ? Anda pasti lebih berani membawa hp ke WC daripada membawa mushaf ke WC. Ini pertanda mushaf lebih mulia daripada hp.


Pahala Membaca Al Quran di HP


Namun seandainya kebetulan yang ada di kita adalah hp, tidak ada mushaf, tentu daripada tidak membaca sama sekali, maka membaca Al Quran via aplikasi di hp lebih utama dan berpahala. Hal itu juga untuk membuat mudah saja, sebab pada mazhab Syafi'i contohnya, syarat membawa mushaf adalah harus punya wudhu, sedangkan hp bukanlah mushaf, sehingga tentu akan mempermudah bagi mereka yang nggak mau ribet tapi tak mau ketinggalan membaca Al Quran.

Namun walaupun hp bukan mushaf, bukan berarti aplikasi Al Quran boleh dibuka di WC. Tetap saja hal ini dilarang karena tidak memuliakan bacaan Al Quran. Jadi amannya adalah, ketika Anda menyalakan aplikasi online, maka berdiamlah di tenpat yang suci, bukan di wc atau tempat kotor lainnya.

Jika Anda mau ke wc atau ke tempat kotor, maka segera matikan dahulu aplikasi Al Quran tersebut sebagai bentuk penghormatan pada lafadz dari Kalam Ilahi yang nampak di layar hp.

Dengan demikian pertanyaan, samakah pahala membaca Al Quran di HP, hukum baca quran pake hp, terjawab sudah. Untuk mendapatkan pahala membaca alquran di hp, maka Anda harus punya adab membaca al quran di handphone, sama seperti halnya membaca lewat mushaf. Jangan sampai membaca alquran di hp tanpa menutup aurat dan lain sebagainya.

============================

LAGI PROMO

Kaos Pakai Nama Anak
Topi Pakai Nama Anak
Kupluk Pakai Nama Anak
Ensiklopedi Asmaul Husna
Setan Pun Hafal Ayat Kursi
==========================
Tag : Al Quran
Back To Top