Pengertian Filsafat dalam Islam


Bagaimana sebenarnya pengertian filsafat dalam Islam ? Ada beberapa definisi terkait filsafat Islam menurut para tokoh muslim, diantaranya adalah :

Mustofa Abdul Razik
Filsafat Islam adalah filsafat yang tumbuh di negeri Islam dan dibawah naungan negara Islam, tanpa memandang agama dan bahasa pemilknya.

Dr. Ibrahim Madzkur 
Fisafat Islam mencakup segala studi filsofis yang ditulis di bumi Islam, baik itu hasil karya orang Yahudi atau Nasrani.

Dr. Sidi Gazalba 
Filsafat Islam adalah hasil pikiran manusia yang digerakkan oleh naqli (al-quran dan Sunnah) atau ilmu untuk membuktikan kebenaran wahyu dan sunnah yang memberikan keterangan, ulasan tafsiran dengan pemikaran budi yang mempunya sistem, radikal, dan global (umum).

Fuad Al-Akhwani
Filsafat Islam adalah pembahasan meliputi berbagai soal alam semesta dan bermacam masalah manusia atas dasar ajaran-ajaran keagamaan yang turun bersama lahirnya agama Islam.

Drs. H. A. Musthofa
Filsafat Islam adalah suatu ilmu yang dicelup ajaran Islam dalam membahas hakikat kebenaran segala sesuatu.

Objek Filsafat Islam sama dengan objek ilmu pengetahuan lain jika ditinjau secara material. Perbedaannya terletak pada subjek yang mempunyai komitmen Qur’ani. Sehingga objek kajian Filsafat Islam adalah Tuhan, manusia, alam, dan kebudayaan yang bersumber kepada al-Qur’an, al-Hadits, dan akal.

Objek filsafat terdiri dari
- Objek material berupa hakikat Tuhan, alam dan manusia
- Objek formal yaitu usaha mencari keterangan secara radikal tentang objek materi filsafat.

Objek filsafat menurut ushul fiqh adalah :
- Falsafah tasyri yaitu filsafat yang memancarkan hukum Islam atau menguatkan dan memeliharanya
- Falsafah syariah yaitu filsafat yang diungkapkan dari materi-materi hukum Islam (ibadah, muamalah)

Falsafat tasyri meliputi dasar hukum Islam, prinsip-prinsip, pokok-pokok,  tujuan-tujuan dan kaidah-kaidah hukum Islam. Falsafah syariah terbagi menjadi rahasia-rahasia, ciri-ciri,  keutamaan dan karakteristik hukum Islam.

Kesimpulannya, Filsafat Islam adalah cara berpikir untuk mencari kebenaran yang sedalam-dalamnya tentang hakikat sesuatu yang berasal dari prinsip-prinsip Islam. 

============================

LAGI PROMO

Kaos Pakai Nama Anak
Topi Pakai Nama Anak
Kupluk Pakai Nama Anak
Ensiklopedi Asmaul Husna
Setan Pun Hafal Ayat Kursi
==========================
Tag : filsafat
Back To Top