Manfaat Ayat Kursi dalam Kehidupan Sehari-Hari


Tentunya kita sudah familiar dengan Ayat Kursi, yang merupakan salah satu ayat dalam Al Quran yang terkandung dalam Surat Al-Baqarah ayat 225. Seringkali kita didorong untuk membaca Ayat Kursi ini oleh guru kita, tapi saat kita membaca Ayat Kursi ini apakah pernah terpikir oleh kita apa manfaat ayat kursi dalam kehidupan sehari-hari itu?

Mengapa Al-Baqarah ayat 255 disebut Ayat Kursi ? Ayat kursi ini diturunkan di Madinah dan ayat ini diturunkan oleh Allah SWT khususnya pada malam hari setelah hijrah. Ayat ini disertai oleh ribuan malaikat saat diturunkan karena kemuliaannya. Disebut Kursi karena Kursi termasuk pada martabat dan pemberitaan tentang kehebatan Allah SWT.

Dari sekian banyak ayat yang diwahyukan, Ayat Kursi tersebut merupakan ayat pelengkap dari surat Al-Ikhlas. Dalam surat Al-Ikhlas menjelaskan tentang kesatuan Tuhan yang tidak punya anak atau tidak dilahirkan. Allah adalah Tuhan yang tak ada yang bisa menandingi.

Ayat Kursi adalah doa yang memiliki tingkat derajat tertinggi dibandingkan dengan ayat-ayat lain yang biasa digunakan untuk sholat juga. Meski memang semua ayat dalam surat-surat Alquran itu mulia, tapi untuk ayat kursi ada tempatnya sendiri. Oleh karena itu Nabi Muhammad dengan cepat memberi perintah kepada penulis Al Quran yakni Zaid bin Thabit untuk menulis ayat ini sesegera mungkin dan juga untuk menyebarkannya.

Manfaat Ayat Kursi
Manfaat dari Ayat Kursi ini cukup penting dalam menjalani kehidupan sehari-hari, alasannya karena ayat ini memiliki keistimewaan dan dapat mengusir hal-hal buruk. Bahkan iblis menjadi panik saat ayat ini turun dan ditulis dalam Al Quran. Subhanallah, begitu istimewanya Ayat Kursi.

Tuhan tidak hanya menurunkan ayat ini tanpa hikmah tapi memang memiliki banyak manfaat bagi kita. Apa saja manfaat dari Ayat Kursi? Berikut adalah beberapa manfaat ketika membaca Ayat Kursi dan cara menerapkannya.

Dapat membuat orang berpikiran terbuka
Dengan membaca ayat kursi ke air hujan, maka akan mendapat manfaat luar biasa. Penjelasan dari Syaikh Abu 'Abbas yang mendeskripsikan bahwa siapa pun yang berusaha untuk membaca Ayat Kursi ini lebih dari 50 kali, kemudian meniupnya ke air hujan, maka insya Allah air akan membuat pikiran seseorang lebih terbuka dan lebih mudah mencerna pengetahuan baru.

Jauh dari gangguan setan
Siapa saja yang selalu membaca Ayat Kursi dengan rutin setiap sesudah sholat wajib, setiap pagi dan sore, setiap memasuki rumah atau pasar, sebelum tidur dan sebelum bepergian, maka insya Allah dijauhkan dari gangguan syaitan, kejahatan manusia dan kejahatan binatang buas. Dipeliharalah keluarga dan anak-anaknya dan segala sesuatu yang ada di dalam rumah. Biasakan membaca Ayat Kursi dengan istiqomah, maka Allah akan menjauhkan dari kita dari syahwat sial.


Diberikan berbagai kemudahan
Siapa saja yang membaca Ayat Kursi sebanyak 18 kali saja, maka Insya Allah kehidupanya akan semakin bertauhid, qolbunya terbuka dengan berbagai kebijaksanaan, akan meringankan rezekinya dan terus dipelihara dari segala bencana dengan seizin Allah SWT.

Akan dijaga saat tidur
Ayat Kursi yang selalu biasa dibaca sebelum memejamkan mata Anda untuk tidur, maka Allah akan memberikan penjagaan dua malaikat untuk menjaganya saat tidur sampai dia terbangun.

Akan membakar setan dan jin
Manfaat dari ayat kursi adalah menjauhkan diri dari gangguan jahat. Jika Anda membaca Ayat Kursi dengan penuh minat maka Insya Allah Ayat Kursi ini mampu menjadi senjata melawan roh jahat dan jin. Si setan dan jin jahat akan terbakar kalau saja dibacakan Ayat Kursi ini karena memang ayat ini sering dibaca untuk memberangus roh yang mengganggu kehidupan kita.

Akan dilindungi oleh Allah SWT
Jika seseorang terbiasa membacakan Ayat Kursi setelah setiap sholat fardhu atau sholat wajib, maka orang tersebut akan berada di tempat perlindungan Allah kecuali jika kematian datang memanggilnya.

Memberikan nikmat yang luar biasa
Membaca Ayat Kursi juga bisa memberimu berkah yang luar biasa. Karena memudahkan kita untuk mendapatkan rizki dan untuk menjadikan diri kita dihormati. Keterangan ini termaktub dalam kitab Assarul Mufaidah.

Menjadi benteng
Manfaat dari membaca Ayat Kursi ini pun dapat membangun benteng perlindungan bagi diri kita sendiri. Ayat Kursi yang dibaca  akan melindungi kita dari segala bahaya seperti bencana yang bisa menimpa kita kapan saja. Tuhan akan melindungi kita kapan saja dimana saja karena kita telah membangun deretan benteng dengan Ayat Kursi. Seorang ulama dari India pernah mendengar dari salah seorang guru besarnya, dari Abi Lababah r.a yang menyatakan bahwa membacakan Ayat Kursi ini sebanyak anggota sujud (7 kali) setiap hari merupakan benteng Rasulallah s.a.w.

Membantu mengurangi emosi
Sebagai manusia yang bernafsu, kita tentu mudah merasakan emosi tentang banyak hal. Tidak jarang setan juga menguji emosi kita melalui orang lain. Nah bagi siapa yang membaca Ayat Kursi, maka hal ini juga dapat membantu mengendalikan atau menurunkan tensi emosi kita. Tuhan akan segera memberikan rasa tenang dari naiknya emosi kita dan memberi kita kedamaian saat kita membaca Ayat Kursi saat kita mulai merasakan emosi.

Datangnya bantuan
Bantuan juga akan didatangkan oleh Allah saat kita membaca Ayat Kursi 170 kali. Bantuan bisa berupa pemberian apa yang diinginkan dan dibantu untuk melakukan semua hajat. Itulah sebabnya Allah Maha Penyayang dan Maha Penyayang.

Dijaga malaikat
Bila dalam kehidupan sehari-hari kita bisa dilindungi dari manusia dengan berbagai cara seperti menyewa bodyguard, maka tidak seperti Ayat Kursi. Membaca Ayat Kursi membuat kita dilindungi oleh para malaikat selama kita tidur. Tuhan akan menyuruh mereka untuk memelihara kita dan menjaga dengan baik, juga menghindari mimpi buruk.

Melindungi rumah
Ayat Kursi juga bisa menjaga tempat tinggal kita. Jika Anda membaca Ayat Kursi sebanyak 4 kali di masing-masing 4 sudut rumah atau 4 bagian rumah, maka Allah akan melindungi rumah kita dari segala macam kejahatan dari setan terkutuk dan niat jahat orang lain seperti pencurian atau perampokan. Hal itu diterangkan oleh Abdurrahman bin Auf.


Melindungi dari musuh
Syaikh Abul 'Abas Al-Bunni pun telah menerangkan bahwa Ayat Kursi ini bermanfaat dalam melindungi dari siapa pun musuh yang mengejar kita. Buatlah lingkaran sambil membaca Ayat Kursi lalu masuk ke dalamnya dan membaca Ayat Kursi sebanyak 50 atau 170 kali. Tuhan akan membuat penglihatan musuh menjadi samar dan tidak bisa melihat kita sehingga kita selamat. Atau jika Anda mau berhadapan langsung dengan musuh, bacalah sebelumnya Ayat Kursi sebanyak 3 kali.

Dieliminasi dari kekafiran
Tentu saja kita tidak ingin disebut sebagai orang Nasrani, Majusi atau Yahudi yang menyekutukan dan mengkhianati Allah Yang Tunggal. Rasulullah pernah bersabda bahwa siapa pun yang membaca Ayat Kursi ini maka dia akan tersingkirkan dari segala macam kekufuran khususnya bagi mereka yang sedang berada di luar rumah.

Perlindungan pada hari Jumat
Jumat adalah hari yang penuh berkat. Ayat Kursi yang dibaca sebanyak 12 kali setiap pagi pada hari Jumat, maka Allah Pelindung Tertinggi akan memberikan perlindungan atas kejadian buruk dan kejahatan. Lakukan amalan ini dengan shalat sunat 2 rakaat terlebih dahulu.

Dicintai Tuhan
Siapa yang tidak mau dicintai oleh Tuhan ? Baca Ayat Kursi dan juga amalkan juga penafsiran isinya, Tuhan akan mencintai orang tersebut seperti Tuhan mencintai Nabi sebagai teladan kita.

Sebagai doa memasuki tempat baru
Ayat Kurs juga bisa menjadi doa saat kita memasuki tempat baru. Seperti mengunjungi tempat tertentu, mengunjungi rumah kerabat atau teman, atau juga memasuki lingkungan baru. Tuhan akan memberi perlindungan terhadap apapun. Karena itu, Ayat Kursi bisa menjadi doa pertama yang bisa dibaca saat kita memasuki tempat baru.

Diberikan penghargaan dan menciptakan rasa syukur
Membaca Ayat Kursi juga bermanfaat bagi diri kita sendiri. Bacalah Ayat Kursi di setiap ibadah kita, khususnya sholat, maka Tuhan Pemberi akan memberi kita banyak penghargaan dan menciptakan rasa syukur di dalam diri kita. Rasa syukur akan membawa rasa tenang dan bahagia.

Menyembuhkan penyakit
Untuk menyembuhkan penyakit dengan obat menjadi hal biasa bukan? Tapi Ayat Kursi juga bisa menjadi obat untuk penyakit. Baca dan amalkan Ayat Kursi saat mengalami atau menderita penyakit, maka Tuhan akan memberikan kesembuhan sebagai obat yang kita minum.

Untuk berdagang
Siapa pun yang membaca Ayat Kursi sebanyak 18 kali maka akan mendapatkan manfaat yang akan membuat dadanya terbuka untuk berbagai kearifan. Rezeki akan timbul padanya dan dia akan mempunyai pengaruh yang cukup besar sehingga banyak orang yang akan menghormatinya.

Mendapatkan keselamatan di perjalanan
Disaat seorang musafir membaca Ayat Kursi dalam sebuah perjalananannya, maka insya Allah musafir tersebut akan mendapatkan keselamatan sampai dia tiba di tempat tujuan.

Sama dengan pahala membaca Al Quran seluruhnya
Dalam sebuah narasi dari Anas bin Malik, bahwa Rasulullah saw. pernah berkata: "Jika seorang pria dari umatku membaca 12 kali Ayat Kursi, kemudian melakukan shalat subuh, Allah akan menjaganya dari kejahatan setan.Selain itu, pahala yang dia baca disamakan dengan mereka yang membaca Alquran secara keseluruhan dan pada hari kiamat akan diberi mahkota cahaya yang menyinari penghuni dunia secara keseluruhan".


Menyembuhkan penyakit gila atau ayan
Jika seseorang memiliki kegilaan atau epilepsi, biarkan ayat ini dibaca di atas kepalanya 11 kali lalu ditiup. Insya Allah dalam waktu dekat, dia akan sembuh. Untuk menyembuhkan epilepsi, ambil segelas air putih, lalu baca Ayat Kursi sebanyak 50 kali, di setiap bacaan yang tercengang di atas gelas yang berisi air, untuk kemudian diminum. Lakukan berulang kali dengan sabar dan percaya diri. Insya Allah dengan cepat pulih.

Mendatangkan hajat
Jika Anda memiliki niat atau maksud tertentu, maka bacalah Ayat Kursi 100 kali di tengah malam setelah melakukan sholat Hajat. Setelah itu berdoa kepada Tuhan dengan mengungkapkan niat anda. Insya Allah dalam waktu dekat niat anda akan terjawab.

Menghancurkan dosa kecil
Jika Anda biasa membaca Ayat Kursi di akhir setiap habis solat fardhu, maka manfaatnya adalah untuk menghapuskan dosa-dosa kecil, kecuali dosa yang berkaitan dengan manusia.

Terhindar dari mimpi buruk
Jika Anda ingin terhindar dari mimpi buruk maka baca "A'UUDZU BIL LAAHI MINASY SYAITHOONIR ROJIM". Setelah itu baca Ayat Kursi 3 kali, dan ketika sampai membaca "walaa yauuduhuu hifdluhumaa wa huwal 'aliyyul' adliim" dibaca 3 kali. Insya Allah dalam tidurmu tidak akan mengalami mimpi buruk, bahkan akan mengalami mimpi yang indah.

Mendapat pandangan rohani
Menurut pandangan Syaikul Kabir Muhyiddin Ibnul Arabi menyatakan bahwa siapa pun yang melakukan ritual untuk membaca Ayat Kursi sebanyak 1000 kali dalam sehari semalam selama 40 hari, maka demi Allah, demi Nabi, demi Alquran yang mulia, Tuhan akan membuka pandangan spiritualnya, menghasilkan dimaksudkan dan diberi pengaruh pada manusia. (dari kitab Khawasul Qur'an)

Allah-lah yang akan memberi kita perlindungan, penyembuhan, kecerdasan, dan sebagainya melalui Ayat Kursi saat Ayat Kursi benar-benar dipraktekkan. Ingatlah, bukan berarti membaca Ayat Kursi saja yang bisa melindungi diri dan memberi kebahagiaan, tapi perintah Tuhan juga harus dijalaninya karena Allah mencintai umatnya yang selalu takut kepada Allah.

Dari sini, lebih baik kita membiasakan diri membaca Ayat Kursi ini tanpa harus diingatkan atau disadari akan manfaat dari Ayat Kursi ini. Mari kita semua membiasakan membaca ayat ini dalam hidup kita agar diberkati oleh Allah SWT.

BACA JUGA : 7 Rekomendasi Produk Terkait Ayat Kursi

Temukan pula artikel lainnya tentang :
- manfaat ayat kursi untuk ibu hamil
- manfaat ayat kursi untuk menyembuhkan penyakit
- faedah ayat kursi dan cara mengamalkannya
- khasiat ayat kursi untuk kekayaan
- khasiat ayat kursi 100x
- manfaat ayat kursi untuk pengasihan
- khasiat ayat kursi untuk pelet
- manfaat ayat kursi untuk jodoh

Sumber :
http://santrigaul.net/khasiat-ayat-kursi/
https://manfaat.co.id/15-manfaat-ayat-kursi-dalam-berbagai-bidang
http://www.faktakah.com/2016/12/12-khasiat-dan-manfaat-membaca-kursi_5.html
https://hastarika.blogspot.co.id/2016/08/7-khasiat-ayat-kursi-dalam-kehidupan_22.html

============================

LAGI PROMO

Kaos Pakai Nama Anak
Topi Pakai Nama Anak
Kupluk Pakai Nama Anak
Ensiklopedi Asmaul Husna
Setan Pun Hafal Ayat Kursi
==========================
Tag : ayat kursi
Back To Top