Keutamaan Shalat Tasbih


Melakukan shalat tasbih bukan termasuk perbuatan bid’ah, seperti yang dikatakan oleh sebagian orang. Shalat tasbih ini termasuk kebiasaan orang-orang shalih. Abdullah bin Mubarok dan generasi sesudahnya selalu melakukannya.

Menurut Syaikh Ali al-Khawwash, sebaiknya shalat tasbih dilakukan sebelum shalat hajat, karena keutamaan shalat tasbih ini menghapus dosa-dosa. Dengan demikian shalat tasbih bisa menjadi sebab terkabulnya hajat.

Dalam sebuah hadits dari Ikrimah, dari Ibnu Abbas, bahwa Rasulullah bersabda kepada Abbas bin Abdul Muththalib, ‘Wahai Abbas, wahai pamanku, maukah engkau aku beri sesuatu? Maukah engkau aku anugerahkan sesuatu? Maukah engkau aku berikan hadiah? Yaitu sepuluh keutamaan, yang jika engkau melakukannya, Allah mengampuni dosamu: dosa yang awal dan yang akhir, dosa yang lama dan yang baru, dosa yang tidak disengaja dan yang disengaja, dosa yang kecil dan yang besar, dosa yang rahasia dan terang-terangan. Sepuluh keutamaan itu engkau dapatkan dengan cara engkau lakukan shalat empat rakaat. Pada setiap rakaat engkau membaca al-Fatihah dan satu surat (dari al-Qur’an). Jika engkau telah selesai membaca al-Fatihan dan surat pada awal rakaat, sementara engkau masih berdiri, maka engkau baca kalimat SUBHANALLAH WAL HAMDULILLAH, WA LA ILAHA ILLALLAH, WALLAHU AKBAR sebanyak 15 kali. Kemudian engkau ruku’, lalu engkau ucapkan kalimat tadi sebanyak 10 kali. Kemudian engkau angkat kepalamu dari ruku’, lalu ucapkan kalimat itu sebanyak 10 kali. Kemudian engkau sujud, ketika sujud engkau ucapkan kalimat itu sebanyak 10 kali. Kemudian engkau angkat kepalamu dari sujud, maka engkau ucapkan kalimat itu sebanyak 10 kali. Kemudian engkau bersujud, lalu ucapkan kalimat itu sebanyak 10 kali. Kemudian engkau angkat kepalamu (dan duduk istirahat sebentar), maka engkau ucapkan kalimat itu sebanyak 10 kali. Maka jumlah kalimat itu 75 kali pada setiap satu rakaat. Engkau lakukan yang demikian itu dalam empat rakaat. Jika engkau mampu melakukannya (shalat) itu setiap hari sekali, maka lakukanlah! Jika engkau tidak mampu melakukannya setiap hari, maka (lakukan) setiap minggu sekali! Jika engkau tidak mampu melakukannya setiap minggu, maka (lakukan) setiap bulan sekali! Jika tidak mampu juga, maka (lakukan) setiap tahun sekali! Jika tidak mampu juga, maka (lakukan) sekali seumur hidupmu’. 
Shalat tasbih ternyata juga membawa dampak yang luar biasa dalam hidup kita. Jika kita mengalami kesusahan dalam hidup atau memiliki penyakit yang sulit disembuhkan, maka kita lakukan shalat tasbih dengan sungguh-sungguh, sehingga Allah swt akan memberikan jalan kepada kita. Sebab Allah-lah Maha Penyembuh terbaik diantara semua dokter di dunia ini.

Sumber :
https://bangaziem.wordpress.com/2012/05/10/keistimewaan-tasbih-dan-shalat-tasbih/
http://sajadahmuslimku.blogspot.co.id/2014/12/keistimewaan-shalat-sunnah-tasbih.html

============================

LAGI PROMO

Kaos Pakai Nama Anak
Topi Pakai Nama Anak
Kupluk Pakai Nama Anak
Ensiklopedi Asmaul Husna
Setan Pun Hafal Ayat Kursi
==========================
Tag : keutamaan, shalat tasbih
Back To Top