Keutamaan Bulan Ramadhan 10 Hari Pertama Beserta Dalilnya


Keutamaan bulan Ramadhan 10 hari pertama - Pada 10 hari pertama bulan Ramadhan, Allah SWT akan memberikan rahmat  dan limpahan pahala dari berbagai amalan yang kita lakukan selama puasa.

Sepuluh hari pertama bulan Ramadhan memang merupakan fase terberat dan tersulit, sebab karena merupakan fase peralihan dari kebiasaan pola makan normal menjadi harus menahan lapar dan haus mulai dari terbit fajar sampai terbenam matahari.  Meskipun demikian, sepuluh hari pertama juga merupakan hari-hari dimana sebagian umat islam berbondong-bondong dan sangat bersemangat melaksanakan ibadah khususnya ibadah shalat tarawih di masjid.

Pada fase ini juga, pikiran kita pun sedang belajar berpuasa untuk berusaha melakukan penyesuaian dengan penuh kesabaran dan keikhlasan untuk dapat menunaikannya. Oleh karenanya, pada 10 hari pertama Ramadhan ini, Allah SWT memberikan keistimewaan dengan membukakan pintu rahmat yang sebesar-besarnya bagi hamba-Nya yang telah sabar dan ikhlas dalam menunaikan puasa selama 10 hari pertama di bulan suci ini dengan penuh keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Rahmat Allah SWT adalah berkah kasih sayang Allah kepada makhluknya dan dengan rahmat-Nya inilah kita bisa terus hidup dan melaksanakan ibadah yang dipersiapkan untuk kehidupan di akhirat.

Oleh sebab itu, jangan sampailah kita melewatkan kesempatan untuk mendapatkan limpahan rahmat dari Allah SWT selama 10 hari pertama Ramadhan, dengan hanya berdiam diri saja tanpa melakukan aktifitas atau ibadah.

Manfaatkanlah waktu di bulan suci ini sebagai ladang ibadah. Kerjakan kebaikan sebanyak-banyaknya, misalnya dengan memperbanyak membaca Al Quran, berdoa, berzikir, sholat sunat, beramal shaleh, belajar ilmu agama, sholat berjamaah dan membantu orang lain.


Keutamaan Bulan Ramadhan 10 Hari Pertama Beserta Dalilnya


Selain itu bekerja, memperbanyak silahturahmi, serta menjaga hubungan baik antar muslim juga merupakan sebuah ibadah.

Adapun dalil tentang keutamaan 10 hari pertama bulan Ramadhan ini adalah :


أَوَّلُ شَهْرِ رَمَضَان رَحْمَة وَأَوْسَطُهُ مَغْفِرَة وَآخِرُهُ عِتْقٌ مِنَ النَّار 


"Bulan Ramadhan, awalnya rahmat, tengah-tengahnya maghfirah dan akhirnya adalah pembebasan dari neraka."
Walaupun ada sebagian pendapat para ulama tentang kelemahan dalam periwayatan hadits tersebut, namun dari segi isi atau esensi hadits, maka diperbolehkan mengunakan hadits dhoif untuk yang sifatnya penganjuran dalam peningkatan amal ibadah pribadi.

Harus diingat bahwa, jika periwayatannya dhaif, bukan berarti semua isi dari hadits tersebut salah dan ditolak mentah 100 prosen. Kita punya akan dan logika untuk berfikir mana isi hadits yang benar sesuai hukum syariat dan juga hukum adat.

Semoga semua ibadah yang kita lakukan selama bulan Ramadhan diberkahi serta dirahmati Allah SWT.

Sumber :
http://pujiasc.blogspot.co.id/2013/07/10-hari-pertama-adalah-rahmat-10-hari.html
http://dalamislam.com/puasa/fadhilah-puasa-ramadhan-10-hari-pertama
http://www.kompasiana.com/muhammadhujan/hadist-keutamaan-10-hari-awal-tengah-dan-akhir-ramadhan-itu-dha-if_55129688a33311185dba7d31

============================

LAGI PROMO

Kaos Pakai Nama Anak
Topi Pakai Nama Anak
Kupluk Pakai Nama Anak
Ensiklopedi Asmaul Husna
Setan Pun Hafal Ayat Kursi
==========================
Tag : bulan ramadhan, keutamaan
Back To Top