Amalan Bulan Ramadhan Rasulullah


Amalan bulan Ramadhan sesuai sunat Rasulullah ini hendaknya dilaksanakan untuk mendapat pahala yang berlipat ganda buat akhirat kelak. Mengapa ? Karena bulan Ramadhan bagi umat muslim seluruh dunia merupakan bulan penuh berkah, hikmah dan ampunan.

Maka dari itu, sungguh disayangkan jika pada kesempatan bulan Ramadhan ini kita tidak berlomba-lomba mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya. Usia kita hanya Allah SWT yang mengetahuinya, maka jika kita masih bertemu dengan bulan Ramadhan ini, sungguh sangat beruntung jika kita bisa menjalankan sunah-sunah demi mengejar pahala itu.

Rasulullah Muhammad SAW telah mencontohkan beberapa amalan dapat dilakukan pada bulan suci Ramadhan. Berikut ini beberapa amalan bulan Ramadhan sesuai sunnah Rasulullah.

Menyegerakan berbuka puasa
Jika telah datang saat berbuka puasa, segeralah berbuka, karena didalamnya terdapat banyak kebaikan.

Makan sahur
Makan sahurlah karena sesungguhnya pada sahur itu terdapat berkah.

Membaca Al-Qur’an
Menurut Imam Az-Zuhri, apabila datang Ramadhan, maka kegiatan utama kita selain berpuasa adalah membaca Al-Qur’an. Bacalah Al Quran dengan tajwid yang baik dan pahami maknanya dan amalkan isinya.

Memberikan makanan untuk berbuka 
Amal ini dapat kita lakukan bersama tetangga atau anak-anak yatim yang bermukim disekitar rumah kita. Memberikan makanan ini merupakan latihan yang selanjutnya perlu dibiasakan, agar setelah selesai bulan Ramadhan, hal ini tidak ditinggalkan begitu saja.

Bersedekah
Kita bisa melakukannya dengan memberikan rizki, ilmu, tenaga, barang bekas dan lain sebagainya dengan ikhlas.

Berdakwah
Sepanjang bulan Ramadhan kita punya kesempatan berdakwah tentunya sesuai dengan kapasitasnya. Suami berdakwah kepada istri dan anak, direktur berdakawah kepada karyawan, contohnya. Berdakwah tidak harus dengan perkataan, perbuatan merupakan cara dakwah terbagus.

Shalat tarawih 
Lakukanlah shalat tarawih secara berjamaah, jika tak bisa karena sesuatu hal, dapat dilakukan dirumah.

I’tikaf
I’tikaf adalah berdiam diri di masjid dengan niat beribadah kepada Allah swt. Abu Sa’id Al-khudri meriwayatkan bahwa Rasulullah saw. pernah beri’tikaf pada awal Ramadhan, pertengahan Ramadhan, dan paling sering di 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

Mencari lailatul qadar
Di bulan Ramadhan ada satu malam yang istimewa yaitu lailatul qadar, malam yang penuh berkah. Malam itu nilainya sama dengan seribu bulan. Rasulullah saw amat mewanti-wanti untuk tidak membiarkan lailatul qadar begitu saja. Maka, Beliau menyuruh kita untuk mencarinya di malam-malam ganjil pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

Umrah
Jika kita punya rezeki yang cukup, pergilah umrah di bulan Ramadhan, karena pahalanya berlipat-lipat. bahkan nilai pahalanya setara dengan haji bersama Rasulullah saw.

Bertaubat
Allah SWT membukakan pintu ampunan bagi seluruh hambanya selama Ramadhan. Karena itu, jadikanlah kesempatan emas untuk bertaubat meraih ampunan-Nya.

Zakat fitrah
Amalan ini wajib dilakukan sebelum hari Ramadhan berakhir oleh umat Islam, baik lelaki-perempuan, dewasa maupun anak-anak. Tujuannya untuk mensucikan orang yang melaksanakan puasa dan untuk membantu fakir miskin.

Itulah beberapa amalan ibadah mulia yang diajarkan oleh Rasulullah SAW pada bulan Ramadhan. Semoga kita dapat mengerjakan semua amalan ibadah tersebut dengan niat ikhlas dan mengharap ridho dari Allah SWT.

Sum,ber :
http://blog.lazada.co.id/10-amal-ibadah-pada-bulan-puasa-ramadhan-sesuai-sunnah-rasul-saw/

============================

LAGI PROMO

Kaos Pakai Nama Anak
Topi Pakai Nama Anak
Kupluk Pakai Nama Anak
Ensiklopedi Asmaul Husna
Setan Pun Hafal Ayat Kursi
==========================
Tag : amalan, bulan ramadhan
Back To Top