Malam Nuzulul Quran Itu Apa ?


Pertanyaan tentang Nuzulul Quran yang sering ditanyakan adalah Al Quran diturunkan pada tanggal berapa atau kapan turunnya Al Quran pertama kali ? Namun sebelumnya Anda harus tahu dulu pengertian Nuzulul Qur'an menurut bahasa dan istilah.

Malam Nuzulul Quran adalah malam dimana Al-Qur’an diturunkan secara keseluruhan dari lauhil Mahfudz ke Baitul ‘Izzah di langit dunia melalui perantaraan malaikat Jibril. Malam itu dinamakan malam lailatul Qadar.

Kemudian secara berangsur di wahyukan kepada Nabi Muhammad SAW disepanjang kehidupannya atau dalam waktu kurang lebih 23 tahun. Surat Al-Qur’an pertama yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad adalah Surat Al-Alaq sebanyak 5 ayat.

وَقُرْآناً فَرَقْنَاهُ لِتَقْرَأَهُ عَلَى النَّاسِ عَلَى مُكْثٍ وَنَزَّلْنَاهُ تَنزِيلاً

“Dan Al Quran itu telah kami turunkan dengan berangsur-angsur agar kamu membacakannya perlahan-lahan kepada manusia dan kami menurunkannya bagian demi bagian.” 
(QS. Al Isra : 106)

Lailatul Qadar sendiri berada pada 10 malam terakhir di Bulan Ramadhan. Yang menjadi pertanyaan saat ini adalah mengapa malam 17 Ramadhan di peringati sebagai Nuzulul Quran atau turunnya Alquran ? Bukankan Al-Quran diturunkan pada malam lailtul Qadar ? Dalam Al Quran :

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ

“Sesungguhnya kami menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam kemuliaan.” 
(Q.S Al-Qodr 1)

Dalam kitab Al-Burhan Fi ‘Ulumil-Qur’an karangan Syeikh Badruddin Az-Zarkasyi (W. 794 H), beliau menyatakan bahwa pendapat yang mu'tamad dan banyak dipegang oleh para ulama adalah Al Qur’an diturunkan sekaligus ke langit dunia pada malam Lailatul Qodr kemudian diturunkan dengan cara berangsur-angsur sepanjang kehidupan Nabi saw setelah beliau diangkat menjadi Nabi di Mekah dan Madinah sampai wafat beliau.

Pendapat inilah yang paling mendekati kebenaran menurut mayoritas para ulama, berdasarkan suatu riwayat yang dikeluarkan oleh Imam Hakim dalam mustadroknya dengan sanad yang shahih, dari Ibnu Abbas radhiyallhu ‘anhuma, beliau mengatakan bahwasanya Al-Quran itu turun sekaligus ke langit dunia pada malam lailatul qadr. Kemudian diturunkan berangsur-angsur sesuai dalil Al Isra di atas.

Adapun mengapa Nuzulul Qur’an diperingati  kaum muslimin pada tanggal 17 Ramadhan, yang menjadi dasar adalah karena pada tanggal tersebut di turunkannya ayat pertama Al-Qur’an dari surat Al Alaq kepada Nabi Muhammad SAW dari ayat 1 sampai 5. Ini berdasarkan riwayat yang dikeluarkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim dalam kitab Shahih keduanya dari ‘Aisyah radiyallahu ‘anha Istri Rasul SAW.

Juga disebutkan dalam kitab Bidayah wan Nihayah karya Ibnu Katsir, dinyatakan bahwa awal diturunkannya wahyu pertama kepada Rasulullah SAW adalah pada hari Senin tanggal 17 Ramadhan akan tetapi ada juga yang mengatakan tanggal 24 Ramadhan, demikian seperti yang ditukil dari Al Waqidiy dari Abu Ja’far al Baqir.

Atas dasar penyebab itulah, malam 17 Ramadhanvakhirnya diperingati oleh khususnya masyarakat Indonesia sebagai malam peringatan Nuzulul Quran, hal tersebut di karenakan Ayat Al-Qur’an pertama yang di wahyukan kepada Nabi Muhammad SAW adalah pada tanggal tersebut hari Senin sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari sahabat Abu Qotadah radhiyallahu ‘anhu, bahwa Nabi SAW pernah ditanya tentang puasa hari senin, kemudian beliau menjawab: “itu adalah hari di mana aku dilahirkan dan diturunkan kepadaku wahyu.”

Pendapat lain bahwa malam Nuzulul Quran terjadi pada malam 21 Ramadhan. Hal ini dikemukakan oleh Sheikh Shofiyur-Rohman Al-Mubarokfuri yang mengatakan dalam kitab Sirah Nabawi karangannya Rahiqul-Makhtum: “Setelah melakukan penelitian yang cukup dalam, mungkin dapat disimpulkan bahwa hari itu ialah hari Senin pada tanggal 21 bulan Ramadhan, tepatnya malam yang bertepatan dengan tanggal 10 Agustus 660 Masehi. Saat itu usia Rasul SAW tepat 40 tahun lebih 6 bulan 12 hari hitungan tahun Qamariyyah, atau 39 tahun lebih 3 bulan 12 hari hitungan masehi.

Adapun hari Senin yang terjadi pada bulan Ramadhan pada tahun itu adalah jatuh pada tanggal 7, 14, 21, dan 28, Dari hasil penelusuran riwayat yang shahih bahwa malam lailatul qadar itu tidak terjadi kecuali di malam-malam ganjil dari sepuluh akhir bulan Ramadhan. Kalau wahyu Allah surat Al-Qodr ayat 1 tadi dicompare dengan hadits Abu Qotadah yang menjelaskan bahwa wahyu diturunkan hari Senin di atas, dan dengan hitungan tanggalan ilmiyah tentang hari Senin pada bulan Ramadhan di tahun tersebut, sehingga bisa diambil kesimpulan bahwa wahyu pertama yang turun kepada Nabi Muhammad adalah pada tanggal 21 Ramadhan malam”.

Jadi bagaimana menurut Anda ? Untuk mengetahui lebih jauhnya, Anda harus mempelajari sejarah Islam termasuk sejarah Nuzulul Quran.

Referensi :
http://ketemulagi.com/malam-nuzulul-quran/
http://www.dakwatuna.com/2012/08/07/22276/nuzulul-quran-malam-17-ramadhan-atau-malam-lailatul-qadar/#axzz4jdnYh0y1

============================

LAGI PROMO

Kaos Pakai Nama Anak
Topi Pakai Nama Anak
Kupluk Pakai Nama Anak
Ensiklopedi Asmaul Husna
Setan Pun Hafal Ayat Kursi
==========================
Tag : nuzulul quran
Back To Top