Ayat Al Quran Yang Menjelaskan Tentang Silaturahmi


Banyak sekali ayat Al Quran yang menganjurkan untuk menjalin silaturahmi. Diantara dalil tersebut ada dalil al Quran tentang menjaga silaturahmi/silaturrahim dan ada juga berupa hadits Nabi. Namun untuk artikel kali ini Saya hanya akan memberikan beberapa dalil berupa surat dan ayat al quran yang menjelaskan tentang pentingnya silaturahmi atau silaturrahim.

Perintah silaturahmi dalam Al Quran bisa kita lihat dalam surah tentang silaturahmi yakni Surat An Nisa ayat 1.

وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا

"Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu."

Kita tahu bahwa kata silaturrahmi di dalam bahasa Arab mengandung asal kata rahmi atau rahim. Arti rahim itu maknanya berhubungan dengan kerabat. Di dalam al-Quran sendiri sering dijumpai beberapa ayat yang memerintahkan untuk memberikan hak kepada kerabat. Dengan demikian ini berarti pertanda bahwa silaturahmi diperintahkan oleh Allah dalam al-Quran namun dengan menggunakan kalimat lain namun masih semakna atau masih berhubungan. 

Dalam Surat an-Nahl ayat 90, Allah Ta'ala berfirman :

إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإِحْسَانِ وَإِيتَاءِ ذِي الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ

"Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi bantuan kepada kerabat, dan Dia melarang (melakukan) perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran."


Dari ayat tersebut kita ketahui ada perintah untuk memberi bantuan kepada kerabat dekat. Sebagian para ahli tafsir memberikan penafsiran bahwa ungkapan tersebut bermakna perintah untuk silaturahmi.

Ayat al Quran yang menjelaskan tentang silaturahmi


Dalam Surat al-Isro ayat 26 juga Allah SWT berfirman :

وَآتِ ذَا الْقُرْبَى حَقَّهُ وَالْمِسْكِينَ وَابْنَ السَّبِيلِ وَلَا تُبَذِّرْ تَبْذِيرًا

"Dan berikanlah haknya kepada kerabat dekat, juga kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan; dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros."

Dalam ayat ini juga ada perintah memberikan hak kepada kerabat dekat dan menurut sebagian ahli tafsir makna di atas adalah perintah untuk menyambungkan silaturahim juga.


Sedangkan dalam Surat ar-Rum ayat 38, Allah Yang Maha Memberi Kebahagiaan berfirman :

فَآتِ ذَا الْقُرْبَى حَقَّهُ وَالْمِسْكِينَ وَابْنَ السَّبِيلِ ذَلِكَ خَيْرٌ لِلَّذِينَ يُرِيدُونَ وَجْهَ اللَّهِ وَأُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

"Maka berikanlah haknya kepada kerabat dekat, juga kepada orang miskin dan orang-orang yang dalam perjalanan. Itulah yang lebih baik bagi orang-orang yang mencari keridaan Allah. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung."

Menurut mayoritas ahli tafsir bahwa perintah memberikan haq kepada kerabat dekat itu artinya sama dengan silaturahmi sambil dibarengi dengan memberikan hadiah.

Saya kira itulah beberapa ayat Al Quran yang menjadi dalil dianjurkannya berbuat silaturrahmi dengan sesama muslim. Tentu banyak pula ayat lain yang belum bisa Saya sebutkan karena keterbatasan ilmu Saya pribadi.

Oleh karena itu marilah kita rajin-rajin bersilaturrahmi dengan menghadiri majlis-majlis ta'lim untuk mendapatkan ilmu agama Islam.

Baca juga :
fadilah silaturahmi
ayat tentang silaturahmi idul fitri
hadits tentang silaturahmi memperpanjang umur

============================

LAGI PROMO

Kaos Pakai Nama Anak
Topi Pakai Nama Anak
Kupluk Pakai Nama Anak
Ensiklopedi Asmaul Husna
Setan Pun Hafal Ayat Kursi
==========================
Back To Top