Nama Nama Kitab Tauhid


Dibawah ini Saya tulis daftar nama nama kitab tauhid karya ulama yang beritiqad ahli sunnah wal jamaah faham Asy'ariyyah atau Al Maturidiyyah yang biasa dipelajari di pesantren-pesantren di Nusantara sejak dulu.

Hasyiyah asy-Syarqawi 'ala Syarhi al-Hudhudi 
Masalah yang dikaji adalah ilmu tauhid ahlussunnah wal jama'ah karya Syaikhul Islam Abdullah Hijazi asy-Syarqawi (1150-1227 H / 1737-1812 M). Tebalnya 286 halaman.

Hasyiyah ad-Dasuqi 'ala Ummil Barohin
Kitab ini karya Syaikh Muhammad bin Ahmad bin 'Arofah Ad-Dasuqi al-Maliki yang wafat pada tahun 1230 H. Juga menjelaskan masalah ilmu tauhid atau ilmu aqidah ahlussunnah wal jama'ah dan punya ketebalan 326 halaman.

Tuhfatul Murid Syarhu Jauharati at-Tauhid 
Kitab ini karya Syeikh Ibrahim bin Muhammad bin Ahmad asy-Syafi'i al-Baijuri yang hidup pada masa 1198-1277 H atau 1783-1860 M. Tebal kitabnya 253 halaman.


Nama Nama Kitab Tauhid


Al-Yawaqit wal Jawahir fi Bayani 'Aqaidil Akabir
Kitab karya Wali Qutub Al-Imam Abul Mawahib Abdul Wahab bin Ahmad as-Sya'rani yang hidup pada masa 898-973 H atau 1493-1565 M. Tebalnya 502 halaman.

Fariidah al-Faraaid fii Ilm al-‘Aqaaid
Pengarangnya adalah Al-‘Alim al-‘Allamah Syaikh Ahmad bin Muhammad Zain bin Musthafa al-Fathani. Kitab ini dikarang oleh seorang ulama besar dari dunia Melayu yang bermustautin di Mekah. Kitab ini membicarakan ilmu tauhid atau usuluddin berdasarkan kepada aqidah ahl al-Sunnah wa al-Jamaah, metoda Imam Abu Hasan al-‘Asy’ari.

Demikianlah nama kitab tauhid beserta nama pengarang kitab tauhid tersebut. Sebetulnya masih banyak macam macam kitab tauhid ahlussunnah wal jamaah yang biasa dipelajari di pesantren baik untuk pemula atau dasar maupun lanjut, namun karena keterbatasan waktu dan ilmu pengetahuan, Saya cukupkan ahulu sampai sini.

Sumber :
http://www.sarkub.com/kitab-kitab-ilmu-aqidah-ahlussunnah-wal-jamaah-asli-100/

============================

LAGI PROMO

Kaos Pakai Nama Anak
Topi Pakai Nama Anak
Kupluk Pakai Nama Anak
Ensiklopedi Asmaul Husna
Setan Pun Hafal Ayat Kursi
==========================
Tag : Kitab, kitab tauhid, Tauhid
Back To Top