Surah Terpanjang dalam Al Quran


Mungkin ada yang bertanya, apa surah terpanjang dalam al quran ? Jawabannya adalah Surat Al Baqarah dengan jumlah ayat sebanyak 286 ayat. Semua ayat tersebut terhimpun dalam 2 juz lebih.

Menurut RRI, Surah Al-Baqarah (سورة البقرة) jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti ' Sapi Betina '. Nama lain Surat Al-Baqarah adalah Fustatul Qur'an atau Alif Lam Mim atau az-Zahrawan atau as-Sinam.

Surah ini merupakan surah kedua dalam Alquran yang terdiri dari Juz 1 (ayat 1-141), Juz 2 (ayat 142-252), dan Juz 3 (ayat 253-286). Surat ini terdiri dari 40 ruku ', 6.221 kata dan 25.500 huruf. Surah ini merupakan surah dengan jumlah ayat terbanyak dalam Alquran.

Dinamakan al-Baqarah atau Sapi Betina karena dalam surah ini terdapat cerita penyembelihan sapi betina yang diperintahkan Allah SWT kepada Bani Israil. Surah ini disebut juga Fustatul Qur'an (Puncak Alquran) karena mengandung beberapa hukum yang tidak disebutkan pada bab lain.

Dinamakan juga Alif Lam Mim karena ayat pertama dalam surah tersebut berisi tiga huruf Arab, yaitu Alif, Lam, dan Mim. Beberapa ulama mengatakan bahwa surat ini mengandung maksud dan tujuan.

Abu Ja'far bin az-Zubair al-Gharnathi berpendapat bahwa surat ini dengan segala rahasianya adalah “Penjelasan al-shirath al-mustaqim (jalan yang lurus) secara sempurna, tidak tertinggal sedikitpun, dan penjelasan luhurnya orang yang mengambil (hikmah) darinya dan jeleknya orang yang menjauhkan diri darinya."

Burhanuddin al-Biqa 'i mengatakan bahwa surah ini merupakan "Sumber hukum yang tegas bahwa Al-Kitab (Alquran) adalah pedoman untuk diikuti semua perkataan yang ada di dalamnya, pedoman terbesar mengenai keimanan yang ghaib, dan kumpulan (petunjuk) tentang) iman di akhir zaman, yang dijelaskan melalui kisah seekor sapi betina, yang juga tentang iman pada yang ghaib.

Sementara itu, Ath-Thahir bin Asyur berpendapat bahwa tujuan terbesar surah ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu untuk menegakkan martabat agama Islam di atas agama sebelumnya dan kemuliaan pedoman dan norma pemurnian jiwa di dalamnya dan menjelaskan hukum agama ini dan manfaatnya bagi para pengikutnya.

Yang menarik dalam Surah Al Baqarah ini juga terdapat ayat terpanjang dalam Al Quran yaitu ayat 282 yang berisi tentang pinjam meminjam.

Surah Terpanjang dalam Al Quran

Selain Surat Al Baqarah, ada beberapa surat lain yang juga lumayan bisa dikategorikan sebagai surat yang panjang yaitu :

Ali 'Imran

Ali 'Imran yang artinya Keluarga' Imran adalah sebuah Surat yang termasuk kelompok Madaniyah yang diturunkan di Madinah yang terdiri dari 200 ayat. Nama 'Imran mengacu pada cerita keluarga 'Imran yaitu Nabi Isa As dan Siti Maryam.

An Nisa

An-Nisa 'yang artinya wanita adalah surat Madaniyah yang diturunkan di Madinah dengan jumlah 176 ayat. Nama Nisa mengacu pada hukum dan syariah tentang wanita.

Al Maidah

Al-Ma'idah yang artinya hidangan adalah surat yang termasuk kelompok Madaniyah yang diturunkan di Madinah yang terdiri dari 120 ayat. Nama Maidah berkaitan dengan hukum-hukum tentang makanan dan minuman, dan juga surat terakhir kali turun.

Al An'am

Al-An'am yang artinya ternak adalah surat yang diturunkan di Mekkah dan beberapa diturunkan di Madinah dengan jumlah ayat sebanyak 165 ayat. Nama An'am mengacu pada manfaat ternak dan surat ini diturunkan setelah Surat Al-Hijr.

Al A'raf

Al-A'raf artinya tempat tertinggi antara surga dan neraka adalah surat Makkiyyah diturunkan di Mekah kecuali ayat 163-170 yang diturunkan di Madinah serta mempunyai 206 ayat. Nama A'raf ini berkenaan dengan dialog antara penghuni surga dan penghuni neraka.

At Taubah

At-Taubah artinya pengampunan adalah surat yang termasuk dalam kelompok Madaniyah yang terdiri dari 129 ayat, dan diturunkan pada tahun 9 Hijriyah. Hanya surat inilah yang awal suratnya tidak ada lafadz Basmallah dan untuk itu membacanya juga tidak diperbolehkan membaca basmallah.

Demikian 7 surat terpanjang dalam Al-Qur'an. Tentu saja kita tidak hanya mengetahui yang 7 itu, kita juga mesti mengenal semua nama nama surat dalam al quran beserta artinya dan jumlah ayatnya, sehingga jika kita ditanya oleh anak kita, apa surat terpanjang dalam juz amma atau juz 30, kita bisa menjawabnya.


============================

LAGI PROMO

Kaos Pakai Nama Anak
Topi Pakai Nama Anak
Kupluk Pakai Nama Anak
Ensiklopedi Asmaul Husna
Setan Pun Hafal Ayat Kursi
==========================
Back To Top