Arti Muhasabah Cinta


Pada artikel sebelumnya Anda sudah ahu arti muhasabah itu apa. Namun saat ini muncul istilah muhasabah cinta. Apa arti muhasabah cinta tersebut dan apa perbedaanya dengan arti muhasabah dalam Islam ? Jangan pindah blog, lanjutkan baca ya untuk membedakannya.

Muhasabah cinta tidak ada kaitannya dengan cinta terhadap makhluk tapi ini adalah cinta paling penting yaitu cinta kepada Tuhan. Muhasabah cinta adalah proses memperbaiki diri dalam rangka meraih cinta Sang Khalik ketika hidup di dunia.

Jikalau seseorang sudah mencintai Tuhannya dan dicintai Tuhannya, apa pun yang diinginkan hambanya pasti akan dikabulkan oleh Tuannya. Sekiranya seorang yang telah menemukan cinta dengan Rabb-nya, ingin segunung emas, pastilah akan dikabulkan. Namun untuk apa ?

Rasa cintanya kepada Penguasa Alam Semesta mengalahkan itu semua. Kenikmatan dunia yang hanya satu persen di dunia ini, nggak berarti apa-apa bagi dirinya dibandingkan sukanya bercengkrama dengan Allah.

Inilah cinta yang hakiki, cinta yang melebihi rasa cinta-cinta lain kepada makhluknya, cinta kepada istri atau suami, cinta kepada anak, cinta kepada harta dan lain sebagainya. Semuanya tak bisa mengalahkan rasa cinta sejati kepada yang mengendalikan dirinya, yang telah memberi anugerah memberikan rasa cinta yang tinggi kepada-Nya.

Cinta kepada manusia dan makhluk lain bukanlah cinta yang hakiki, karena masih terkungkung hawa nafsu. Cinta kepada ilahi adalah cinta yang sebenarnya dan inilah yang diperintahkan Allah langsung dalam Al Quran.

Tokoh muslim yang terkenal dengan cintanya yang mendalam adalah Rabi'ah Al Adawiyyah. beliau adalah seorang sufi yang berasal dari keluarga kekurangan materi namun begitu kokoh cintanya kepada Ilahi.

Ketakwaan dirinya kepada Allah dan cintanya kepada Rabbnya membuat dia tidak goyah dari berbagai godaan nafsu duniawi yang pada saat zamannya sungguh jauh dari aturan Al Quran. Untungnya ada sebagian golongan yang dijaga Allah termasuk Rabi'ah yang merasakan siraman rohani saat itu sehingga tidak terjerumus ke dalam dunia kelam.

Peran orang tua sangat menentukan. Orang tua Rabi'ah adalah sosok muslim saleh dan taat sehingga anaknya pun dididik untuk menjadi orang yang kenal dengan Tuhannya serta mendyukuri segala nikmat yang telah dikaruniakan-Nya.

Di tengah kebejatan moral saat itu, Rabi'ah makin mantap menjerumuskan dirinya dalam lautan cinta kepada Allah tanpa sedetik pun dia lupa kepada Rabb-nya. Dia terus bermuhasabah cinta sampai mencapai derajat tinggi.

Muhasabah akan menciptakan amal-amal secara konsisten demi mencapai kebahagiaan di akhirat kelak. Muslim yang baik adalah yang selalu melakukan muhasabah di dunia ini dan buahnya adalah berenang di lautan kebahagiaan yang Allah sediakan karena cinta hamba kepada-Nya.

Muhasabah cinta adalah renungan yang mendalam tentang kecintaan kita saat ini pada Tuhan dan renungan dalam menghadapai masa setelah kematian.

Itulah sedikit penjelasan tentang arti muhasabah cinta. Semoga Anda tidak puas sehingga bisa membaca artikel lainnya di blog ini yang berkaitan dengan muhasabah.

Beberapa informasi yang sering dicari melalui blog ini dan masih berkaitan dengan judul artikel di atas adalah :
- arti muhasabah dalam islam
- arti muhasabah dalam bahasa arab
- kata muhasabah hati
- buku muhasabah cinta

Baca juga apa arti muhasabah.

============================

LAGI PROMO

Kaos Pakai Nama Anak
Topi Pakai Nama Anak
Kupluk Pakai Nama Anak
Ensiklopedi Asmaul Husna
Setan Pun Hafal Ayat Kursi
==========================
Tag : arti muhasabah
Back To Top