Arti Muhasabah dalam Bahasa Arab


Sebelum membahas arti muhasabah, Anda mesti tahu dulu asal usul kata muhasabah dalam bahasa Arab. Kata muhasabah berasala dari kata dasar :

حَسِبَ - يَحْسَبُ - حِسَابًا

hasiba - yahsabu -hisaaban
Arti secara kata perkata adalah melakukan perhitungan dan makna secara istilah syar'i adalah melakukan evaluasi diri terhadap kebaikan dan keburukan yang telah dilakukan dalam segala hal, baik yang ada hubungannya dengan ibadah kepada Allah maupun yang ada sangkut pautnya dengan hubungan antara makhluk.

Sederhananya, muhasabah adalah bentuk instrospeksi diri sendiri terhadap apa yang dilakukan oleh diri kita sehingga membuat diri berubah menjadi yang asalnya tidak baik menjadi baik atau dari yang baik menjadi lebih baik.

Muhasabah adalah media yang seyogyanya mesti dilakukan seorang muslim untuk meningkatkan kesempurnaan hidup. Kritik, protes, saran, nasihat dari orang lain dan yang keluar dari kata hati yang paling dalam adalah pemicu dari munculnya muhasabah. Jika semua muslim melakukan muhasabah, maka tak akan ada kata kacau di dalam masyarakat.

Jika terjadi demo kepada pemerintah, seorang penguasa yang cerdas pasti akan mengerti apa keinginan rakyatnya dengan melakukan muhasabah atau instrospeksi diri terhadap semua kebijakan yang dibuatnya. Penguasa yang amanah yang percaya akan kehidupan yang kekal setelah mati, pasti akan merasa takut dengan ada munculnya demo, protes dari masyarakat, karena dia sadar bahwa kebijakan yang dia lakukan telah menyakiti sebagian masyarakat.

Seorang ayah yang baik pasti akan merasa bertanggung jawab dengan keluarganya dan selalu melakukan muhasabah jika ada anggota keluarganya baik istri maupun anaknya yang protes atau demo dengan kelakukan yang tidak sejalan dengan mereka.

Muhasabah ini diperintahkan oleh Allah dan termasuk sebua ibadah. Coba kita buka dalam Al Quran surat Al Hasyr ayat 18 yang artinya :

"Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan"

Dari ayat Al Quran di atas, perintah muhasabah bisa Anda lihat dan tergambar jelas dari kata "hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok".  Banyak manfaat yang diperoleh jika seorang muslim melakukan muhasabah, diantaranya :
  • mengetahui cela dan segala kekurangan dirinya sendiri dalam hal ibadah dan lainnya sehingga bisa memperbaiki diri dari kekurangan tersebut.
  • mengetahui lebih banyak akan hak kewajiban kita sebagai seorang hamba dan terus mencari ilmu untuk menyempurnakan kekurangan tersebut.
  • meyakini bahwa segala sesuatu yang dilakukan di dunia ini akan dimintai pertanggungjawabannya kelak di akherat.
  • Membenci hawa nafsu dan mewaspadainya. Dan senantiasa melaksanakan amal ibadah serta ketaatan dan menjauhi segala hal yang berbau kemaksiatan, agar menjadi ringan hisab di hari akhirat kelak.

Nah, sekarang Anda sudah faham betul arti dari muhasabah, semoga kita bisa selalu bermuhasabah tiap waktu untuk mendapatkan kesempurnaan dalam hidup kita demi kebahagiaan di akhirat kelak. Betapa tidak, hidup di dunia ini hanya satu kali dan itu pun sangat singkat. Berbeda dengan alam akhirat kelak yang kekal abadi. Jadi marilah kita bermuhasabah diri demi kebahagiaan kelak.

Artikel lainnya yang sering dicari :
- arti muhasabah cinta
- kata kata muhasabah diri
- muhasabah diri motivasi
- pengertian muhasabah dan muraqabah
- cara muhasabah diri
- tulisan arab muhasabah
- arti muhasabah dalam bahasa arab

============================

LAGI PROMO

Kaos Pakai Nama Anak
Topi Pakai Nama Anak
Kupluk Pakai Nama Anak
Ensiklopedi Asmaul Husna
Setan Pun Hafal Ayat Kursi
==========================
Back To Top