Hadits Nabi Muhammad SAW Tentang Sabar


Sabar merupakan salah satu sifat terpuji yang harus ditanamkan dalam setiap hati seorang muslim dalam menghadapi berbagai persoalan hidup. Sabar merupakan pengejewantahan dai iman dalam artian seseorang masih belum mempunyai iman yang sempurna jika tidak sabar dalam menghadapi berbagai macam apa yang ditimpakan kepadanya, baik itu berupa kebaikan dan berupa kejelekan menurut pandangan kita.

Sabar tidak hanya identik dengan cobaan atau musibah, namun ada juga sabar dalam hal ketaatan melakukan perintah Allah, sabar dalam meninggalkan larangan Allah dan lain sebagainya.

Untuk melengkapi dalil terkait maalah sabar ini, Saya tuliskan beberapa hadits Nabi Muhammad SAW tentang sabar yang bisa membuat Anda yakin betapa pentingnya sifat sabar dan betapa besarnya pahala yang akan diberikan Allah pada orang yang selalu bersabar dalam segala hal.


Hadits Nabi Muhammad SAW Tentang Sabar



وَاعْلَمْ أَنَّ النَّصْرَ مَعَ الصَبْرِ

"Ketahuilah olehmu! Bahwasannya datangnya pertolongan itu bersama dengan kesabaran.”
(HR. At Tirmidzi, dari shahabat Ibnu ‘Abbasradhiallahu ‘anhuma)


مَا مِنْ مُصِيْبَةٍ تُصِيْبُ الْمُسْلِمَ إِلاَّ كَفَّرَ اللهُ بِهَا عَنْهُ حَتَّى الشَّوْكَةُ يُشِيْكُهَا


“Tidak ada suatu musibah pun yang menimpa seorang muslim, melainkan Allah telah menghapus dengan musibah itu dosanya. Meskipun musibah itu adalah duri yang menusuk dirinya." 
(HR. Al-Bukhari no. 3405 dan Muslim 140-141/1062)


عَجَباً ِلإَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنََّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَلِكَ إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ فَإِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَإِنْ أَصَابَتْهَ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ


“Sungguh mengagumkan urusan orang mukmin, sungguh semua urusannya baik baginya, yang demikian itu tidaklah dimiliki seorang pun kecuali hanya orang yang beriman. Jika mendapat kebaikan (kemudian) ia bersyukur, maka itu merupakan kebaikan baginya, dan jika keburukan menimpanya (kemudian) ia bersabar, maka itu merupakan kebaikan baginya.” 
(HR. Muslim)


الطهور شطر الإيمان والحمد لله تملأ الميزان وسبحان الله والحمد لله تملآن أو تملأ ما بين السموات والأرض والصلاة نور والصدقة برهان والصبر ضياء والقرآن حجة لك أو عليك كل الناس يغدو فبائع نفسه فمعتقها أو موبقها رواه مسلم


“Kesucian itu sebagian dari iman, dan kalimat alhamdulillah memenuhi timbangan. Kalimat subhanallah dan alhamdulillah memenuhi ruang yang ada di antara langit dan bumi. Shalat itu cahaya, sedekah itu bukti, sabar itu cerminan, Al-Qur’an itu hujjah yang akan membela atau menuntutmu. Setiap manusia bekerja. Ada yang menjual dirinya, ada yang membebaskan dirinya, dan ada pula yang menghancurkan dirinya.”
 (HR. Muslim)

Demikianlah beberapa hadits Nabi tentang sabar yang bisa Saya suguhkan buat Anda untuk mempertebal rasa kecintaan terhadap sifat sabar. Semoga kita dijadikan orang atau ahli sabar dalam segala hal.

============================

LAGI PROMO

Kaos Pakai Nama Anak
Topi Pakai Nama Anak
Kupluk Pakai Nama Anak
Ensiklopedi Asmaul Husna
Setan Pun Hafal Ayat Kursi
==========================
Tag : hadits tentang sabar
Back To Top