Salinlah Dan Terjemahkan Beberapa Ayat Alquran Yang Menggambarkan Siksa Neraka


Artikel kali ini hanya mau menjawab pertanyaan PR dari siswa Sekolah Menenah Atas pelajaran Agama Islam atau Bahasa Arab. Pertanyaannya adalah “Salinlah dan terjemahkan beberapa ayat Alquran yang menggambarkan siksa neraka”.

Berikut ini beberapa ayat Al Quran yang menggambarkan pedihnya siksa api neraka.

Surat  Al-Baqarah ayat 162

خٰلِدِيْنَ فِيْهَا ۚ لَا يُخَفَّفُ عَنْهُمُ الْعَذَابُ وَلَا هُمْ يُنْظَرُوْنَ
Mereka kekal di dalamnya, tidak diringankan siksa dari mereka dan tidak pula mereka diberi tenggang waktu.

Maksud mereka kekal di dalamnya adalah berada dalam kutukan atau dalam neraka sebagaimana diisyaratkan dalam kutukan itu. Siksanya tidak diringankan walaupun sekejap mata dan tidak pula mereka diberi tenggang waktu untuk mengajukan tobat atau memohon ampun.

Surat Al-Anfaal ayat 50

وَلَوْ تَرَىٰٓ إِذْ يَتَوَفَّى ٱلَّذِينَ كَفَرُوا۟ ۙ ٱلْمَلَٰٓئِكَةُ يَضْرِبُونَ وُجُوهَهُمْ وَأَدْبَٰرَهُمْ وَذُوقُوا۟ عَذَابَ ٱلْحَرِيق

Dan sekiranya kamu melihat ketika para malaikat mencabut nyawa orang-orang yang kafir sambil memukul wajah dan punggung mereka (dan berkata), "Rasakanlah olehmu siksa neraka yang membakar”.

Surat Al-Waqiah ayat 51 - 53

ثُمَّ إِنَّكُمْ أَيُّهَا ٱلضَّآلُّونَ ٱلْمُكَذِّبُون -  لأ كِلُونَ مِن شَجَرٍ مِّن زَقُّومٍ - فَمَالِـُٔونَ مِنْهَا ٱلْبُطُون 

Kemudian sesungguhnya kamu, wahai orang-orang yang sesat lagi mendustakan. Pasti akan memakan pohon zaqqum. Maka akan penuh perutmu dengannya.

Surat Al-Ghasiyah ayat 6 - 7

لَّيْسَ لَهُمْ طَعَامٌ إِلَّا مِن ضَرِيعٍ - لَّا يُسْمِنُ وَلَا يُغْنِى مِن جُوعٍ 

Tidak ada makanan bagi mereka selain dari pohon yang berduri. Yang tidak menggemukkan dan tidak menghilangkan lapar.

Surat  Al-Hajj: 19


فَالَّذِينَ كَفَرُوا قُطِّعَتْ لَهُمْ ثِيَابٌ مِنْ نَارٍ يُصَبُّ مِنْ فَوْقِ رُءُوسِهِمُ الْحَمِيمُ

“Maka orang kafir akan dibuatkan untuk mereka pakaian-pakaian dari api neraka. Disiramkan air yang sedang mendidih ke atas kepala mereka.” 

Penghuni neraka akan dikenakan pakaian buat mereka yang terbuat dari aspal yang kemudian dibakar dengan api neraka.  Tidak cukup disitu, al-hamim yaitu air yang mendidih dan sangat panas akan dicurahkan ke atas kepala mereka.

Surat  Al-Hajj: 20

يُصْهَرُ بِهِ مَا فِي بُطُونِهِمْ وَالْجُلُودُ

“Dengan air itu dihancur luluhkan segala apa yang ada dalam perut mereka dan juga kulit (mereka).” 

Seberapa kuat air panas itu ? Saat dituangkan di atas kepala, air akan menghancurkan isi perut; daging, lemak, dan usus. Isi perutnya meleleh karena air neraka yang mendidih panas. Begtitu pun kulit mereka juga meleleh.

Ayat Alquran Yang Menggambarkan Siksa Neraka

(Sumber Gambar : Fimadani)

Surat  Al-Hajj: 21

وَلَهُمْ مَقَامِعُ مِنْ حَدِيدٍ

“Dan untuk mereka cambuk-cambuk dari besi.”

Maqami 'adalah semacam palu yang dipukul di kepala mereka. Jadi ketika mereka akan keluar dari neraka, martil dipukul di kepala mereka sehingga siksaan tidak akan terputus dari mereka.

Surat  Muhammad: 15

كَمَنْ هُوَ خَالِدٌ فِي النَّارِ وَسُقُوا مَاءً حَمِيمًا فَقَطَّعَ أَمْعَاءَهُمْ

“Sama dengan orang yang kekal dalam neraka dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga memotong-motong ususnya?” 

Mereka dipaksa untuk minum air neraka yang mendidih dan sangat panas. Jadi tidak cukup hanya dengan memercikkannya ke kepala mereka, tetapi al-hamim ini diminumkan kepada mereka sehingga usus mereka terpotong-potong, terkoyak-koyak dan hancur.

Surat  Al-A’raf: 41

لَهُمْ مِنْ جَهَنَّمَ مِهَادٌ وَمِنْ فَوْقِهِمْ غَوَاشٍ

“Mereka mempunyai tikar tidur dari api neraka dan di atas mereka ada selimut (api neraka).” 

Dari bawah penghuni neraka ada tikar yang terbuat dari api neraka, sementara dari atas mereka ditutupi dengan selimut dari neraka juga. Dari sini, kita dapat menggabungkan dengan ayat-ayat lain, bahwa penghuni neraka akan berpakaian dengan pakaian dari aspal neraka dan kemudian dibakar, tikar dari neraka, selimut dari neraka, dan juga cambuk (palu) dari besi.

Surat Faathir: 36

وَالَّذِينَ كَفَرُوا لَهُمْ نَارُ جَهَنَّمَ لَا يُقْضَى عَلَيْهِمْ فَيَمُوتُوا وَلَا يُخَفَّفُ عَنْهُمْ مِنْ عَذَابِهَا

“Dan orang-orang kafir bagi mereka neraka Jahanam. Mereka tidak dibinasakan sehingga mereka mati dan tidak (pula) diringankan dari mereka adzabnya.” 

Yakni, dia tidak mati dan adzabnya tidak akan berhenti. Berbeda dengan penyiksaan manusia di dunia, berapa lama dan berapa banyak mereka menyiksa sesama manusia? Penyiksa dapat melakukan penyiksaan setidaknya satu atau dua jam berturut-turut dan kemudian beristirahat.

Bahkan si pennyiksa masih perlu makan, minum, buang air kecil dan kebutuhan lainnya sehingga siksaan akan berkurang atau dihentikan sementara. Dan akhir dari siksaannya adalah kematian. Sedangkan di neraka, adzab tidak akan dihentikan untuk sementara waktu, karena penyiksa adalah malaikat yang Tuhan berikan kekuatan luar bisa dan sangat menakutkan.

Mereka tidak mengenal lelah sehingga tidak ada istirahat dari siksaan penghuni neraka. Setiap detik, setiap menit dan setiap jam penduduk neraka disiksa tanpa akhir dan mereka tidak bisa mati.

Masih banyak ayat ayat Alquran tentang siksa neraka dan terjemahannya yang bisa Sobat lihat dalam Al Quran atau website Al Quran sebagai ayat pengingat buat kita. Dengan mengetahui dan memahami contoh ayat siksa itu, semoga kita bisa berhati-hati dalam melakukan apa pun sehingga terhindar dari perbuatan yang tidak diridhoi Allah.

Ayat alquran tentang neraka lainnya bisa dilihat di Surat Al Lail: 14, Al Muddatsir: 35, QS. Al-A’raf: 41, QS. Faathir: 36, QS. Al-Nisa’: 56, Al Humazah, an Naba dari ayat 21-26, surat al-gasyiyah ayat 2-7 dan Al Qariah.


Sumber :
http://www.voa-islam.com/read/aqidah/2011/01/15/12801/gambaran-dahsyatnya-siksa-neraka-dalam-alquran/;#sthash.hHY6RCeW.dpbs

============================

LAGI PROMO

Kaos Pakai Nama Anak
Topi Pakai Nama Anak
Kupluk Pakai Nama Anak
Ensiklopedi Asmaul Husna
Setan Pun Hafal Ayat Kursi
==========================
Back To Top