Niat Sholat Dzuhur Ditarik ke Ashar


Niat sholat dzuhur ditarik ke ashar ini dibaca apabila Sobat mau melakukan sholat dzuhur jama takhir, artinya shalat dzuhur yang ditarik ke ashar. Namun kita tidak bisa begitu saja menarik sholat zhuhur ke ashar, karena ada syarat khusus secara fiqih yang mesti dilalui.

Lalu apa saja syarat-syarat melakukan sholat jama takhir dzuhur tersebut ? Ada 2 syarat yang mesti Anda penuhi jika mau melakukan sholat zhuhur ditarik ke ashar.

Syarat yang pertama, Anda harus melakukan niat jamak takhir di waktu shalat zhuhur, yakni pada waktu yang sekiranya melakukan sholat zhuhur secara sempurna 4 rakaat, maka masih ada waktu untuk mengerjakan shalat zhuhur tersebut 4 rakaat.

Atau pada waktu yang sekiranya melakukan sholat zhuhur secara qashar 2 rakaat, maka masih ada waktu untuk mengerjakan shalat zhuhur tersebut 2 rakaat.


Niat Sholat Dzuhur Ditarik ke Ashar


Lalu bagaimana cara niat sholat jama takhir zhuhur tersebut ? Anda tinggal berniat di dalam hati atau jika dilafadzkan sebagai berikut :

NAWAYTU TA-KHIIROZH ZHUHRI ILAL 'ASHRI LI AJMA'A BAYNAHUMAA
Aku berniat mengakhirkan sholat zhuhur ke ashar karena menjama antara keduanya.

Syarat yang kedua adalah harus kekal atau terus-menerus udzurnya atau perjalanannya sampai kepada sempurnanya shalat ashar. Maka jika perjalanannya sudah sampai kembali atau sudah muqim kembali sebelum sempurnanya sholat ashar, maka sholat zhuhur tersebut menjadi qadha.

Demikianlah sedikit informasi tentang shalat dzuhur dan ashar yang digabung beserta niat sholat dzuhur dan ashar yang dijamak takhir. Semoga bermanfaat.

Sumber :
Kaasyifatus Sajaa, hal 90

============================

LAGI PROMO

Kaos Pakai Nama Anak
Topi Pakai Nama Anak
Kupluk Pakai Nama Anak
Ensiklopedi Asmaul Husna
Setan Pun Hafal Ayat Kursi
==========================
Back To Top