Contoh Istishab


Sebelum Saya ngasih contoh istishab, maka perlu diketahui dulu definisi istishab. Pengertian Istishab menurut bahasa adalah menetapi dan menuntut kebersamaan. Pengertiannya, seseorang menuntut dan mengaku bersama dengan dia, dan menjadikannya bersama dengannya. Pengertian Istishab menurut istilah adalah menjadikan hukum yang sudah ada sebelumnya tetap menjadi hukum hingga sekarang sampai ada dalil yang menunjukkan adanya perubahan.

Ada beberapa definisi yang disebutkan oleh para ulama Ushul Fiqih, diantaranya adalah:

Imam Asnawy berpendapat bahwa definisi istishab ialah penetapan hukum terhadap suatu hal di masa yang akan datang atas dasar bahwa hukum itu sudah berlaku sebelumnya, karena tidak adanya suatu hal yang mengharuskan terjadinya perubahan.

Sementara al-Qarafy (w. 486H) –seorang ulama Malikiyah- mendefinisikan istishhab sebagai keyakinan bahwa keberadaan sesuatu di masa lalu dan sekarang itu berkonsekwensi bahwa ia tetap ada (eksis) sekarang atau di masa datang.

Contohnya seperti hak kepemilikan yang sudah tetap dengan adanya akad jual beli sebelumnya. Maka hak kepemilikan itu tetap sampai sekarang, sampai ada dalil yang menunjukkan adanya perubahan, hukum suci yang sudah ada sebelumnya, maka tetap menjadi hukum hingga sekarang, sampai ada dalil yang real atas hilangnya hukum suci itu dan seterusnya.

Seperti ketika kita menetapkan bahwa si A adalah pemilik rumah atau mobil ini –entah itu melalui proses jual-beli atau pewarisan-, maka selama kita tidak menemukan ada dalil atau bukti yang merubah kepemilikan itu, kita tetap punya keyakinan dan menetapkan bahwa si A yang menjadi pemilik mobil atau rumah itu hingga sekarang atau nanti. Dengan kata lain, istishhab adalah melanjutkan pemberlakuan hukum di masa sebelumnya hingga ke masa kini atau nanti.

Artikel lainnya :
- contoh istihsan dan istishab
- contoh istishab dalam kehidupan sehari-hari
- contoh istishab dalam ekonomi islam
- contoh istihsan dalam jual beli
- contoh istidlal
- contoh mashalihul mursalah

Sumber :
http://arwave.blogspot.co.id/2015/12/pengertian-istishab-dan-contohnya.html
http://barnur.blogspot.co.id/2011/08/pengertian-istishab-dan-contohnya.html

============================

LAGI PROMO

Kaos Pakai Nama Anak
Topi Pakai Nama Anak
Kupluk Pakai Nama Anak
Ensiklopedi Asmaul Husna
Setan Pun Hafal Ayat Kursi
==========================
Tag : contoh istishab
Back To Top