Bacaan Doa Buka Puasa Sunnah Senin Kamis


Puasa sunnah Senin Kamis adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Rasulullah SAW sering berpuasa pada hari Senin dan Kamis karena berbagai keutamaan yang terkandung di dalamnya. Selain mendapatkan pahala, puasa sunnah ini juga mendekatkan kita kepada Allah SWT dan menambah ketakwaan. Berikut ini adalah bacaan doa buka puasa sunnah Senin Kamis beserta keutamaannya.


Keutamaan Puasa Sunnah Senin Kamis

Mengikuti Sunnah Rasulullah SAW:

Rasulullah SAW sering berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Dalam sebuah hadis, beliau bersabda:

"Amal perbuatan manusia diperiksa pada hari Senin dan Kamis. Maka aku suka ketika amal perbuatanku diperiksa, aku dalam keadaan berpuasa." 

(HR. Tirmidzi)


Hari Lahir Rasulullah SAW:

Hari Senin memiliki keutamaan khusus karena pada hari tersebut, Rasulullah SAW dilahirkan. Dalam sebuah hadis, beliau bersabda:

"Itu adalah hari di mana aku dilahirkan dan hari di mana wahyu diturunkan kepadaku." 

(HR. Muslim)


Mendapatkan Pengampunan Dosa:

Puasa sunnah Senin Kamis adalah salah satu cara untuk mendapatkan ampunan dari Allah SWT. Dosa-dosa kita diampuni dan dihapuskan oleh Allah SWT ketika kita menjalankan ibadah dengan ikhlas dan penuh keimanan.


Bacaan Niat Puasa Sunnah Senin Kamis

Sebelum memulai puasa, sangat penting untuk berniat terlebih dahulu. Berikut adalah niat puasa sunnah Senin Kamis:

Niat Puasa Hari Senin:

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمِ الإِثْنَيْنِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi ta'ala.

Artinya: "Saya niat berpuasa pada hari Senin, sunnah karena Allah Ta'ala."


Niat Puasa Hari Kamis:

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمِ الْخَمِيسِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma yaumal khamiisi sunnatan lillahi ta'ala.

Artinya: "Saya niat berpuasa pada hari Kamis, sunnah karena Allah Ta'ala."


Bacaan Doa Buka Puasa

Ketika tiba waktu berbuka puasa, kita dianjurkan untuk membaca doa sebelum memulai makan dan minum. Berikut adalah doa buka puasa yang bisa dibaca:


Doa Buka Puasa:

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ، فَاغْفِرْ لِي يَا غَفَّارُ مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ

Allahumma laka shumtu wa bika aamantu, wa 'alayka tawakkaltu, wa 'ala rizqika afthartu, faghfir li ya ghaffaru ma qaddamtu wa ma akhkhartu.

Artinya: "Ya Allah, karena-Mu aku berpuasa, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah, dan dengan rezeki-Mu aku berbuka. Ampunilah aku, wahai Dzat Yang Maha Pengampun, atas segala dosa yang telah aku lakukan dan yang akan datang."


Tips Berpuasa Senin Kamis dengan Khusyuk

Persiapkan Diri Secara Mental dan Fisik:

Pastikan tubuh dalam kondisi sehat dan bugar sebelum memulai puasa. Hindari makanan yang terlalu berat dan banyak mengandung lemak saat sahur agar tubuh tetap ringan dan tidak lemas selama puasa.


Perbanyak Ibadah dan Dzikir:

Manfaatkan waktu puasa dengan memperbanyak ibadah, seperti membaca Al-Qur'an, berdzikir, dan berdoa. Waktu-waktu selama berpuasa adalah saat yang tepat untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.


Jaga Niat dan Keikhlasan:

Pastikan niat berpuasa adalah semata-mata karena Allah SWT. Hindari berpuasa dengan niat selain karena ibadah kepada Allah, seperti untuk diet atau alasan duniawi lainnya.


Berbuka dengan Makanan yang Sehat:

Ketika berbuka, usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Mulailah dengan yang manis seperti kurma, kemudian lanjutkan dengan makanan yang ringan namun bernutrisi.


Dengan menjalankan puasa sunnah Senin Kamis secara rutin, insya Allah kita akan mendapatkan banyak manfaat dan keberkahan dalam hidup. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi panduan bagi kita semua dalam menjalankan ibadah puasa sunnah. Aamiin.


Tag : Puasa Sunnah
Back To Top