Nama Bayi Perempuan Menurut Al Quran Beserta Artinya


Memilih nama bayi selalu merupakan proses yang menarik. Tiap orang tua tentu ingin memberikan nama yang baik, unik dan indah untuk Si Kecil. Salah satunya adalah mengambil kata-kata dari Al Quran. Di sini Saya akan menyajikan beberapa nama bayi perempuan menurut Al Quran beserta artinya yang bisa Anda pilih.

Ghina/Aghnia
Nama cantik ini muncul dalam Alquran Al-Baqarah ayat 273 yang memiliki makna yang kaya. Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa kekayaan dapat diperoleh melalui tindakan terpuji. Memberi nama ini kepada Si Kecil bisa menjadi harapan dan doa bagi orang tua agar anak dapat dengan rajin memberikan sedekah dan mendapatkan banyak rezeki. 

Berikut ini adalah beberapa referensi untuk rangkaian nama Ghina dan artinya:
Ghina Qalbul Karimah : wanita yang kaya akan hati dan mulia
Suhaimah Ghina Sya'ban : wanita kaya yang lahir di bulan Sya'ban dan membawa keberuntungan
Hasanah Ghina Ghusun : wanita kaya yang memiliki banyak cabang kebaikan seperti pohon

Laela
Berdasarkan etimologinya, Laila berarti kegelapan yang indah seperti malam. Nama ini muncul dalam surat Al-Dukhan ayat 3 dengan makna malam. Jadi Laela cocok diberikan kepada anak-anak yang lahir pada malam hari. Diharapkan bahwa si kecil yang dilahirkan pada malam hari dapat menjadi anak yang benar, baik dan cerdas.

Berikut ini adalah beberapa referensi untuk rangkaian nama Laela dan artinya:
Laela Najmu Munirah : wanita yang bersinar seperti bintang di malam hari
Laela Muyassarah : wanita yang dilahirkan pada malam hari dengan mudah
Nisa Laela Silmikaffah : perempuan dilahirkan pada malam hari dan selalu mempraktikkan Islam secara keseluruhan

Maisara
Maisara memiliki arti inspirasi. Jika Anda ingin anak Anda menjadi inspirasi yang baik bagi orang-orang di sekitar Anda, maka berikan nama ini. Maisara muncul dalam Al-Baqarah ayat 280 yang berarti diberikan kemudahan, kekuatan, dan kesabaran dalam menjalani hidup di dunia. Makna lain dari Maisara adalah ketenangan.

Kamila
Muncul dalam ayat Al-Baqarah ayat 196, nama Kamila memiliki arti lengkap. Ejaan Kamila juga sering ditulis sebagai Kamilah. Nama Kamila juga bisa diartikan sebagai sempurna. Jika Anda berharap si kecil Anda dapat tumbuh dengan sempurna dan berperilaku baik, Anda dapat memberikan nama Kamila untuknya. 

Khalisa
Secara etimologis, Khalisa berarti suci, murni dan mulia. Ejaan ini muncul dalam Alquran Surat Al-Araf ayat 32. Dalam ayat itu tertulis tentang perbuatan, baik yang terlihat maupun yang tersembunyi, dan tindakan dosa, dan pelanggaran hak asasi manusia tanpa alasan yang benar. Dengan memberikan nama ini, diharapkan bahwa suatu hari bayi akan tumbuh dengan perilaku yang tulus dan baik.

Naadhira
Naadhira atau yang sering dieja Nadira memiliki arti selalu merasa bahagia dan membuat orang lain senang. Nama cantik ini muncul dalam Alquran Surat Al-Qiyamah ayat 22, yang berarti berseri-seri. Menggunakan nama ini nantinya akan menjadi doa agar Si Kecil akan tumbuh selalu tersenyum, tidak sombong dan ramah kepada orang lain.

Shalihah
Memiliki makna wanita shalihah. Muncul dalam Al-Qur'an Al-Baqarah ayat 277

Sabira
Sabira, yang muncul dalam Al-Qur'an, Al-Anfal ayat 66, berarti kesabaran. Karakter yang sangat baik dan mulia. Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa kesabaran adalah salah satu kunci untuk menghadapi masalah. Melalui makna ini, diharapkan bahwa di masa depan Si Kecil akan tumbuh menjadi orang yang sabar dan tidak mudah marah.

Afida
Nama Afida muncul dalam surat Al-An-Nahl ayat 78. Dalam ayat tersebut, dikatakan bahwa bayi itu lahir dalam keadaan tidak mengetahui apa-apa dan suci. Kata Afida dalam ayat itu juga memiliki makna hati nurani. Memberi nama Afida diharapkan menjadi harapan bagi orang tua sehingga si kecil akan memiliki hati nurani yang tulus dan selalu berbuat baik kepada semua orang.

Hilya
Hilya muncul dalam Al Qur'an surat An-Nahl ayat 14. Dalam ayat ini, Hilya berarti perhiasan. Selain Hilya, ejaan lain yang juga memiliki arti yang sama dan sering digunakan adalah Hilyah. Kedua ejaan ini memiliki arti yang sama dengan perhiasan dan perilaku yang baik, sehingga bisa menjadi harapan yang baik untuk bayi.

Nuha
Namaa ini memiliki makna yang sangat baik, yaitu pikiran, kecerdasan, dan kemampuan berpikir. Dalam Al Qur'an, Nuha muncul dua kali, yaitu dalam Surat Thaha ayat 54 dan 128. Dalam kedua ayat itu, dinyatakan bahwa manusia diciptakan memiliki akal dan pikiran. Memberi nama ini juga bisa menjadi doa dan harapan bahwa di masa depan Si Kecil akan tumbuh cerdas dan dapat menggunakan kecerdasannya untuk kebaikan.

Nama Bayi Perempuan Menurut Al Quran Beserta Artinya



Marzia
Marzia muncul dalam Alquran Surat Al-Fajr ayat  28. Nama ini memiliki makna yang diberkati dan tulus. Kita bisa memberi nama Marzia sebagai harapan awal bagi Si Kecil sehingga ia selalu bisa sabar dan tulus dalam menghadapi masalah yang ada.

Rahma
Rahma memiliki arti cinta. Memberi nama ini bisa menjadi harapan bahwa nanti Si Kecil bisa tumbuh menjadi orang yang penuh kasih dan selalu baik. Nama ini sendiri muncul dalam Qur'an Surat Yunus ayat 57.

Jannah
Jannah sendiri berarti surga. Muncul dalam banyak ayat dalam Al Qur'an diantaranya surat Ar-Ra'd ayat 35. Memberi nama ini juga bisa menjadi doa bayi selalu dapat mengingat surga dan tercermin dalam perilakunya yang baik.  

Zahra
Zahra itu berarti bunga. Nama ini muncul dalam surat Al-Quran Thaha ayat 131. Tulisan lainnya adalah Zahrah yang memiliki arti keindahan dan keduanya berasal dari bahasa Arab. Memberi nama ini bisa menjadi harapan agar Si Kecil tumbuh cantik seperti bunga, dan tidak pernah lupa untuk selalu tersenyum dan bersikap lembut kepada siapa pun, terutama orang tua.

Mubsira
Berasal dari bahasa Arab مُبْصِرَ  berarti kecerdasan. Kata ini muncul dalam An-Naml ayat 13 dengan makna pemahaman. Dengan kata lain, memberikan nama ini kepada bayi Anda, sama dengan mendoakannya agar mudah mengerti atau cerdas. 

Ilmi
Orang tua mana yang tidak ingin anak-anak mereka berpengetahuan dan pintar? Menggunakan nama Ilmi untuk putri kesayangannya juga merupakan doa baginya untuk menjadi anak yang cerdas dan berpengetahuan.

Secara etimologis, nama ini berasal dari bahasa Arab yang artinya pengetahuan. Nama ini juga muncul dalam ayat 47 dari surat Al-Bagarah.  

Muhita
Muhita muncul dalam surat Al-Ankabut ayat 54 yang berarti sadar atau bertobat. Dalam ayat tersebut, dijelaskan bahwa, jika Anda berdosa, maka harus bertobat sehingga Anda tidak dikenakan hukuman.

Dengan menyematkan nama ini pada anak, tersirat doa agar dia selalu menyadari jika melakaukna kesalahan yang telah dia lakukan.

Nazra
Muncul dalam Surah Al-Insan ayat 11. Kata Nazra dalam ayat tersebut memiliki arti sukacita. Jika dikaitkan dengan makna nama untuk si anak, tersirat harapan suatu saat dia selalu merasa bahagia.

Salwa
Orang tua mana yang tidak ingin anak-anak mereka tumbuh menjadi seorang gadis yang selalu merasa bahagia? Dengan menggunakan nama Salwa, Anda secara tidak langsung telah mendoakan anak Anda untuk menjadi anak yang selalu diberkati dengan kebahagiaan.

Secara etimologis, nama ini berasal dari bahasa Arab سلوى yang artinya pembawa kebahagiaan. Nama ini juga muncul dalam Thaha ayat 80. Dalam ayat itu dijelaskan bahwa anak-anak Israel akan dibebaskan dari permusuhan dan selalu diberkati dengan kedamaian dan kebahagiaan.

Marhama
Memiliki anak perempuan yang penuh cinta harus menjadi impian dan keinginan setiap orang tua. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan memberikan nama Marhama yang berarti cinta. Kata Marhama juga muncul dalam surat Al-Balad yang berarti kasih sayang. Dalam ayat tersebut, dijelaskan bahwa setiap orang beriman harus saling mencintai sehingga tidak ada emosi di antara sesama Muslim.

Demikianlah beberapa jawaban dari request nama nama anak/bayi perempuan Islam yang indah lengkap dalam Alquran, baik yang 3 kata, 2 kata maupun 1 kata beserta artinya.

Sumber :
https://www.popmama.com/pregnancy/third-trimester/sarrah-ulfah/nama-bayi-perempuan-menurut-alquran-beserta-artinya/full
https://www.popmama.com/pregnancy/third-trimester/annas/nama-bayi-perempuan-menurut-islam-dan-alquran/full
https://www.posbunda.com/nama-bayi/nama-nama-bayi-perempuan-dalam-alquran/

============================

LAGI PROMO

Kaos Pakai Nama Anak
Topi Pakai Nama Anak
Kupluk Pakai Nama Anak
Ensiklopedi Asmaul Husna
Setan Pun Hafal Ayat Kursi
==========================
Tag : Al Quran, Arti Nama
Back To Top