Keutamaan Silaturahmi


Apa saja sih keutamaan silaturahmi itu ? Apa benar bisa memanjangkan umur ? Diskusi kali ini akan mengangkat tema pentingnya silaturahmi. Islam adalah agama yang mendorong umatnya untuk selalu berbuat baik.

Praktek dalam Islam tidak hanya dalam bentuk ibadah seperti shalat wajib atau sholat sunnah, berpuasa, zakat dan sebagainya, tetapi juga tersenyum, dan membangun persahabatan. Menjalin persahabatan adalah salah satu cara mewujudkan ukhuwah Islamiyah dan dapat dilakukan dengan mengunjungi sanak saudara dan kerabat.

Bersilaturrahmi, selain membuat orang lain yang kita kunjungi merasa bahagia, juga merupakan kebajikan. Berikut adalah nilai-nilai hubungan silaturahmi dalam Islam.

Memperluas rezeki dan memperpanjang umur 
Berkumpul memudahkan kita untuk membantu sanak keluarga atau anggota keluarga jika suatu hari ada salah satu dari mereka yang membutuhkan bantuan. Kita dapat mempertimbangkan membantu keluarga yang mengalami kesulitan sebagai sedekah. Allah SWT. juga menjanjikan kemudahan dan penghargaan bagi siapa saja yang mampu memperluas hubungan dan memfasilitasi urusan saudaranya.

Orang yang suka mengunjungi kerabat dan melakukukan silaturahmi, maka akan memperpanjang hidup mereka dan memperluas rezeki mereka. Dari Abu Hurairah, Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

"Siapa pun yang suka dilapangkan dan diperpanjang hidupnya, biarlah dia menghubungkan silaturrahmi." 
(HR. Bukhari no. 5985 dan Muslim no. 2557)

Selain itu, setiap Muslim yang membantu urusan keluarganya tidak hanya mendapat pahala, tetapi Allah akan memberikan berkah kepadanya. Bahkan, memberi sedekah kepada anggota keluarga lebih disukai daripada memberi sedekah kepada orang miskin

Akan terhubung dengan Allah SWT
Menghubungkan persahabatan sama dengan menghubungkan jalinan dengan Allah SWT sebagaimana dinyatakan dalam hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah ra ia mengatakan bahwa Rasulullah saw bersabda:

“Sesungguhnya Allah swt menciptakan makhluk, hingga apabila Dia selesai dari (menciptakan) mereka, rahim berdiri seraya berkata: ini adalah kedudukan orang yang berlindung dengan-Mu dari memutuskan. Dia berfirman: “Benar, apakah engkau ridha jika Aku menyambung orang yang menyambung engkau dan memutuskan orang yang memutuskan engkau?” Ia menjawab: iya. Dia berfirman: “Itulah untukmu”

Dari hadits itu jelas bahwa Allah SWT. perintahkan setiap hamba-Nya untuk selalu menjaga integritas satu sama lain. Allah juga menjanjikan pahala bagi siapa saja yang mampu menjaganya dan Dia juga tidak ragu untuk memberi peringatan kepada mereka yang melanggar integritas tersebut.

Penyebab memasuki surga dan dijauhkan dari neraka
Allah SWT. pahala dan berkah yang menjanjikan bagi masing-masing hamba-Nya yang selalu menjaga hubungan. Janji Allah adalah salah satunya adalah untuk membawa surga lebih dekat kepada para hamba-Nya yang mampu memelihara persahabatan satu sama lain.

Orang yang menghubungkan silaturrahmi akan lebih dekat ke surga dan dijauhkan dari api neraka. Sebagaimana dinyatakan dalam hadits, dari Abu Ayyub Al Anshori, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam pernah ditanya tentang amalan yang bisa membuat kita masuk ke surga, lalu Nabi menjawab :

"Sembahlah Allah, jangan melakukan syirik pada Dia, mendirikan sholat, memberi zakat, dan menjalin silaturahmi (dengan orang tua dan saudara)." 
(HR. Bukhari no. 5983)

Kesimpulannya, keutamaan silaturami adalah :

  • Membuat seorang hamba lebih dekat kepada Allah SWT dan dicintai oleh Allah SWT, hati akan merasa tenang dan damai.
  • Insya Alloh rezeki akan meluas, dari sisi psikologis hidup akan tenteram akan membuat jiwa menjadi lebih sehat, Insya Allah jika Allah menghendaki usia kita akan diperpanjang.
  • Disukai malaikat, karena malaikat juga senang untuk tetap bersilaturahmi.
  • Dibenci syaiton, mereka akan lebih sulit menyesatkan kita, karena kita menjadi lebih dekat dengan Allah SWT. Memang syaiton adalah musuh yang nyata bagi manusia. Terus mendekat kepada Allah SWT sehingga kita selalu terlindung dari gangguan syaiton.
  • Lebih mudah hidup dalam komunitas, seperti manusia dan dapat menumbuhkan rasa cinta dan kepedulian di antara sesama manusia.
  • Membentuk persaudaraan Islam penuh dengan berkah 
Itulah lebih dari 3 manfaat, fadilah, hikmah atau keutamaan silaturahmi beserta arti lafal hadits tentang silaturahmi. Untuk dalil silaturahmi dalam Al Quran, sudah Saya tulis pada artikel sebelumnya. 


Sumber :
https://dalamislam.com/akhlaq/keutamaan-menyambung-tali-silaturahmi

============================

LAGI PROMO

Kaos Pakai Nama Anak
Topi Pakai Nama Anak
Kupluk Pakai Nama Anak
Ensiklopedi Asmaul Husna
Setan Pun Hafal Ayat Kursi
==========================
Tag : keutamaan silaturahmi
Back To Top