Surat Asmaul Husna


Yang dimaksud surat asmaul husna dalam judul di sini adalah penjelasan tentang surat dalam Al Quran yang berhubungan dengan asmaul husna atau ayat dalam Al Quran yang mengandung asmaul husna. Apa saja ayat-ayat tersebut ?

هُوَ الَّذِي خَلَقَ لَكُمْ مَا فِي الْأَرْضِ جَمِيعًا ثُمَّ اسْتَوَىٰ إِلَى السَّمَاءِ فَسَوَّاهُنَّ سَبْعَ سَمَاوَاتٍ ۚ وَهُوَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ

(Dia-lah Allah) yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu dan Dia berkehendak (menciptakan) langit, lalu dijadikan-Nya tujuh langit. Dan Dia Maha mengetahui segala sesuatu 
[Al-Baqarah 29]

Penyebutan luasnya pengetahuan-Nya setelah menyebutkan penciptaan bumi dan langit menunjukkan bahwa pengetahuan-Nya mencakup semua makhluk yang ada di dalamnya. Ini juga menunjukkan bahwa Ia bijaksana karena Allah SWT membuatnya untuk para hamba-Nya dan telah memperindah bentuk ciptaan dalam gambaran terbaik dan keteraturan sempurna. Demikian juga penciptaan langit dan bumi termasuk bukti pengetahuan tentang Allah SWT.

فَتَلَقَّىٰ آدَمُ مِنْ رَبِّهِ كَلِمَاتٍ فَتَابَ عَلَيْهِ ۚ إِنَّهُ هُوَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ

Kemudian Adam menerima beberapa kalimat dari Rabbnya, maka Allah menerima taubatnya. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang. 
[Al-Baqarah 37]

Dengan dua nama ini, Allah SWT memberi perhatian lebih pada hati orang-orang yang bertobat kepada-Nya dan memberi mereka taufik untuk melakukan hal-hal yang menyebabkan Allah SWT menerima pertobatan dan memberkati mereka, dan kemudian mengampuni dan mencintai mereka.

Allah Azza wa Jalla pertama menerima pertobatan mereka dengan memberi mereka taufik untuk bertobat dan mengambil langkah untuk sampai ke sana. Kemudian Allah SWT menerima pertobatan mereka untuk yang kedua kalinya dengan menerima pertobatan mereka dan memenuhi permintaan mereka.

وَلِلَّهِ الْمَشْرِقُ وَالْمَغْرِبُ ۚ فَأَيْنَمَا تُوَلُّوا فَثَمَّ وَجْهُ اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Dan kepunyaan Allah-lah timur dan barat, maka kemanapun kamu menghadap di situlah wajah Allah. Sesungguhnya Allah Maha Luas (rahmat-Nya) lagi Maha Mengetahui 
[Al-Baqarah 115]

Kebajikan dan kekuasaannya sangat luas, mencakup semua alam atas dan bawah. Selain itu, di samping luasnya kerajaan dan keunggulannya, pengetahuannya juga mencakup seluruhnya. Pengetahuannya mencakup semua hal masa lalu dan masa depan.

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا ۖ إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Ya Rabb kami, terimalah daripada Kami (amalan kami), Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. 
[Al-Baqarah 127]

Nabi Ibrahim alaihissallam bertawasul kepada Allah Azza wa Jalla dengan dua nama ini untuk menerima amal mulia ini, di mana Allah SWT tahu niat dari keduanya, mendengarkan percakapan keduanya dan menerima permintaan keduanya  itu.

 رَبَّنَا وَابْعَثْ فِيهِمْ رَسُولًا مِنْهُمْ يَتْلُو عَلَيْهِمْ آيَاتِكَ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَيُزَكِّيهِمْ إِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

Ya Rabb kami, utuslah untuk mereka seorang Rasul dari kalangan mereka, yang akan membacakan kepada mereka ayat-ayat Engkau, dan mengajarkan kepada mereka al-kitab (al-Qur`ân) dan al-Hikmah (Sunnah) serta mensucikan mereka. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Kuasa lagi Maha Bijaksana.
[Al-Baqarah 129]

يَغْفِرُ لِمَنْ يَشَاءُ وَيُعَذِّبُ مَنْ يَشَاءُ ۚ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ

Dia memberi ampun kepada siapa yang Dia kehendaki; Dia menyiksa siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
 [Ali Imrân 129]

أَلَا يَعْلَمُ مَنْ خَلَقَ وَهُوَ اللَّطِيفُ الْخَبِيرُ

Apakah Allah yang menciptakan itu tidak mengetahui (yang kamu lahirkan atau rahasiakan); dan Dia Maha Halus lagi Maha Mengetahui? 
[Al-Mulk 14]

Menciptakannya Allah SWT terhadap semua makhluk adalah argumen terkuat dari akal tentang pengetahuan-Nya, karena bagaimana mungkin Dia menciptakan sesuatu jika Dia tidak tahu.

Mudah-mudahan doa asmaul husna ayat tentang asmaul husna di atas, memperkuat keimanan kita tentang sifat Allah yang dimiliki pada nama-nama tersebut.

Sumber :
https://almanhaj.or.id/3648-surat-yang-diakhiri-dengan-asmaul-husna.html

============================

LAGI PROMO

Kaos Pakai Nama Anak
Topi Pakai Nama Anak
Kupluk Pakai Nama Anak
Ensiklopedi Asmaul Husna
Setan Pun Hafal Ayat Kursi
==========================
Tag : asmaul husna
Back To Top