Asmaul Husna dan Manfaatnya


Setelah Saya menulis apa saja nama-nama Allah yang 99 itu, tibalah Saya sekarang menjelaskan asmaul husna dan manfaatnya. Di sini Saya mau menjelaskan manfaat asmaul husna secara global atau keseluruhan dan mungkin juga akan ditulis manfaat secara khusus dari asmaul husna tertentu, namun secara garis besarnya saja.

Saya mulai dengan membahas manfaat asmaul husna secara global. Maksudnya barang siapa yang menghafalkan asmaul husna dan selalu membacanya setiap hari, maka dia akan masuk Surga. Kok mudah sekali masuk surga ya ? Cukup menghafal asmaul husna yang 99 saja.

Bukan begitu maksudnya. Menghafal dan membaca di sini dalam arti bukan sekedar membaca dengan lisan atau ucapan, tapi harus dibaca dengan hati, difahami artinya dan diamalkan dalam bentuk akhlaq dari sifat Allah itu dalam kehidupan.

Sebagai contoh, Allah mempunyai nama Rohmaan artinya Maha Pengasih. Nah ketika kita membaca Yaa Rohmaan, penuhi akhlak kita dengan sifat mengasihi dengan sesama makhluk, baik manusia, hewan, tumbuhan, jin, malaikat dan lain sebagainya. Sifat mengasihi Allah tidak melihat apakah makhluk tersebut beriman atau tidak.

Dengan sifat Pengasih-Nya, Allah memberi rezeki kepada mereka yang muslim ataupun yang kafir. Sifat ini yang harus diteladani oleh kita, dimana kita harus selalu mengasihi kepada sesama manusia, tak peduli apakah dia muslim atau kafir, tak peduli warna kulitnya, tak peduli orang mana, suku apa.

Jadi, setelah Anda tahu semua makna yang terkandung di dalam asmaul husna dan berusaha untuk meniru sifat Allah tersebut, maka tidak heran kalau jaminannya adalah Surga, karena memang tidak mudah menjalankan atau meniru sifat Allah yang 99 itu.

Itu manfaat secara global. Adapun makna secara detail, artinya manfaat dari asmaul husna per masing-masing nama, akan Saya sampaikan berikut ini sesuai dengan sumber yang Saya terima dari blog Vherita Aswad.

Menurut blog tersebut, manfaat yang diperoleh itu bisa didapat jika mengamalkan asmaul husna tertentu dengan bilangan tertentu. Namun untuk kali ini Saya hanya akan menulis manfaatnya saja, tanpa menuliskan cara pengamalan dan berapa kali dibacanya. Mengapa ? Karena untuk amalan seperti ini harus ada bimbingan langsung dari seorang guru di bidangnya, tidak bisa langsung amalkan dari website atau buku, kecuali jika penulisnya sudah memberikan izin atau ijazah.

Berikut ini beberapa bacaan asmaul husna dan manfaatnya yang bisa Anda ketahui dan bisa mengamalkan makna atau arti nama Allah tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

AR RAHMAAN = MAHA PENGASIH
Dengan membaca Yaa Rahmaan, maka dengan seizin Allah kita akan memiliki ingatan yang kuat, pengetahuan yang cemerlang, dan terhindar dari hati yang keras.

AR RAHIIM = MAHA PENYAYANG
Dengan membaca Yaa Rahiim, maka dengan seizin Allah, setiap orang akan bersahabat dan baik kepadanya, akan berada dalam naungan Allah dan Allah akan mengasihinya.

AL MAALIK = MAHA RAJA
Dengan membaca Yaa Maalik, maka dengan seizin Allah, kita akan diberi kekuatan, kekuasaan, kebesaran, serta kepemilikan atas segala sesuatu dan semua orang akan memberlakukan kita dengan baik dan penuh hormat.

AL QUDDUUS = MAHA SUCI
Dengan membaca Yaa Qudduus, maka dengan seizin Allah, hati orang yang membacanya akan terbebas dari rasa gundah dan gelisah serta akan mendapat kejernihan hati yang sempurna.

AS SALAAM = MAHA PEMBERI KEDAMAIAN
Dengan membaca Yaa Salaam, maka dengan seizin Allah, orang yang sakit akan segera disembuhkan dari penyakitnya, akan mendatangkan cinta dan keselamatan serta keamanan dari segala macam bencana.

AL MU’MIN = MAHA PEMBERI KEAMANAN
Dengan membaca Yaa Mu’min, dengan seizin Allah, ia akan terbebas dari segala macam gangguan yang mungkin menghadangnya.

Al MUHAIMIN = MAHA MEMELIHARA
Dengan membacaYaa Muhaimin, maka batinnya bakal memancarkan cahaya, hatinya akan menjadi jernih dan akan menemukan rahasia dan hakikat dari setiap kejadian.

AL ‘AZIIZ = MAHA PERKASA
Dengan membaca Yaa ‘Aziiz, maka dirinya tidak akan bergantung kepada orang lain serta akan dianugerahi kewibawaan.

AL JABBAAR = MAHA PEMAKSA
Dengan membaca Yaa Jabbaar, maka ia tidak akan dipaksa oleh siapapun untuk melakukan perbuatan yang tidak ia inginkan, terlindung dari berbagai bentuk kekerasan, kekejian, dan kekejaman.

AL MUTAKABBIR = MAHA PEMILIK SEGALA KEAGUNGAN
Dengan membaca Yaa Mutakabbir, maka akan diberikan kepadanya anak-anak yang saleh.

AL KHAALIQ = MAHA PENCIPTA
Dengan membaca Yaa Khaaliq, maka Allah akan menciptakan satu malaikat yang bertugas melakukan amal kebaikan untuk orang tersebut. Di hari hisab, pahala amal kebaikan sang malaikat akan diberikan kepada orang itu.

AL GHAFFAAR = MAHA PENGAMPUN
Dengan membaca Yaa Ghaffaar, maka dosa dan kesalahannya akan dihapuskan.

AL QOHHAAR = MAHA PENAKLUK
Dengan membaca Yaa Qohhaar, maka ia akan mendapatkan beberapa kelebihan, jiwanya mampu menaklukkan hawa nafsu, hatinya tidak cenderung pada dunia, dan batinnya akan merasa tenang.

AL WAHHAAB = MAHA PEMBERI
Dengan membaca Yaa Wahhaab,  maka doanya akan terkabul dan Allah SWT akan mencukupi seluruh kebutuhannya.

AR RAZZAAQ = MAHA PEMBERI REZEKI
Dengan membaca Yaa Rozzaaq, maka pintu rezekinya akan dilapangkan oleh Allah.

AL FATTAAH = MAHA PEMBUKA PINTU RAHMAT
Dengan membaca Yaa Fattaah, maka kegelapan yang ada di hati akan sirna dan memudahkan semua pekerjaan.

AL ‘ALIIM = MAHA MENGETAHUI
Dengan membaca Yaa ‘Aliim, maka hatinya akan cemerlang dan mampu menyingkapkan cahaya Ilahi, mendapatkan ilmu dan menampakkan hal-hal yang tersembunyi atau membuka hal-hal yang ghaib.

AL BAASITH = MAHA MELAPANGKAN
Dengan membaca Yaa Baasith, maka ia tidak akan bergantung kepada orang lain serta akan memperoleh kekayaan.

AL KHAAFIDH = MAHA MERENDAHKAN
Dengan membaca Yaa Khaafidh, maka Allah SWT akan menjaganya dari kejahatan orang-orang yang zalim.

AR RAAFI’ = MAHA MENINGGIKAN
Dengan membaca Yaa Raafi’,  maka Allah akan memuliakan orang tersebut serta memberinya kekayaan dan kebaikan.

AL MU’IZZ = MAHA MEMULIAKAN
Dengan membaca Yaa Mu’izz , maka Allah akan membuat hambanya menjadi mulia dan terhormat di mata orang lain, tidak akan memiliki rasa takut kepada siapapun, selain kepada Allah SWT.

AL MUDZILL = MAHA MENGHINAKAN
Dengan membaca Yaa Mudzill, maka dirinya akan terbebas dari gangguan orang-orang yang iri padanya, serta dari orang yang berniat untuk mencelakainya.

AS SAMII’ = MAHA MENDENGAR
Dengan membaca Yaa Samii’, maka keinginannya akan dikabulkan Allah.

AL BASHIIR = MAHA MELIHAT
Dengan membaca Yaa Bashiir, maka Allah akan meninggikan kedudukannya di mata orang lain.

AL HAKAM = MAHA MENETAPKAN HUKUM
Dengan membaca Yaa Hakam, maka rahasia (hal-hal yang tersembunyi) akan dinampakkan padanya.

AL LATHIIF = MAHA LEMBUT
Dengan membaca Yaa Lathiif, maka bisa mendekatkan kita pada hasil, menghilangkan semua rasa sakit, penyakit, dan semua kesulitan, mendatangkan keselamatan, kebahagiaan, keamanan, dan keyakinan.

AL KHABIIR = MAHA MENGETAHUI
Dengan membaca Yaa Khobiir, maka dengan seizin Allah, kebiasaan buruk yang dia punya akan segera menghilang dari dirinya.

AL HALIIM = MAHA SABAR
Dengan membaca Yaa Haliim, maka bisa mengetahui hal-hal yang ghaib, untuk memadamkan api kemarahan dan kebodohan, serta untuk mendapatkan ketenangan hati dan terjaga dari berbagai bencana.

AL ‘AZHIIM = MAHA AGUNG
Dengan membaca Yaa ‘Azhiim, maka akan dihormati oleh orang lain.

AL GHAFUUR = MAHA PENGAMPUN
Dengan membaca Yaa Ghofuur, maka dengan siizin Allah, ia akan sembuh dari penyakit yang dideritanya serta dapat menghilangkan penyakit was-was.

ASY SYAKUUR = MAHA MENGHARGAI
Dengan membaca Yaa Syaakuur, maka dengan siizin Allah, hatinya akan menjadi tentram dan tenang dan ia akan dapat mencukupi kebutuhannya.

AL ‘ALIYY = MAHA TINGGI
Dengan membaca Yaa ‘Aliyy, maka dengan siizin Allah, imannya akan meningkat serta peruntungannya terbuka.

AL KABIIR = MAHA BESAR
Dengan membaca Yaa Kabiir, maka akan mendapatkan penghormatan.

AL HAAFIIZH = MAHA MEMELIHARA
Dengan membaca Yaa Haafiizh, maka ia akan terlindung dari berbagai musibah, segala macam ketakutan, terjaga dari bahaya tenggelam., ucapannya akan selalu terjaga dan doanya akan cepat terjawab.

AL KARIIM = MAHA PEMURAH
Dengan membaca Yaa Kariim, maka ia akan mendapatkan kemuliaan baik di dunia maupun di akhirat kelak.

AR RAQIIB = MAHA MENGAWASI
Dengan membaca Yaa Raqiib, maka dirinya sendiri, keluarga, dan kekayaannya akan berada di bawah perlindungan Allah serta semua kelalaian akan sirna dari hati.

AL MUJIIB = MAHA MENGABULKAN
Dengan membaca Yaa Mujiib, Insya Allah, permohonan akan dikabulkan oleh Allah.

AL WAASI’ = MAHA LUAS
Dengan membaca Yaa Waasi’, dengan seizin Allah, ia akan mendapatkan sumber nafkah yang layak.

Itulah sebagian bacaan asmaul husna dan manfaatnya. Mohon maaf Saya tidak menulis secara detail jumlah yang harus dibaca karena Saya sendiri belum mengamalkan secara menyeluruh. Cukuplah bagi kita meniru sifat-sifat Allah tersebut dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

============================

LAGI PROMO

Kaos Pakai Nama Anak
Topi Pakai Nama Anak
Kupluk Pakai Nama Anak
Ensiklopedi Asmaul Husna
Setan Pun Hafal Ayat Kursi
==========================
Tag : asmaul husna
Back To Top