Fadilah Silaturahmi


Berbicara tentang fadilah silaturahmi, Saya telah merangkumnya menjadi beberapa point yang Saya ambil dari berbagai media online terpercaya.

Tanda seseorang percaya pada Allah SWT
Silaturrahmim adalah tanda-tanda seseorang beriman kepada Allah SWT seperti dalam hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah ra dia berkata: Rasulullah bersabda:

"Barangsiapa yang percaya pada Allah dan Hari Terakhir, maka harus memuliakan tamunya, dan siapa pun yang percaya kepada Allah dan Hari Terakhir, maka ikatlah hubungan dengan silaturahmi "

Umur panjang dan rizqinya diperpanjang
Orang yang suka mengunjungi kerabatnya dan menlakukan silaturhami, maka akan diperpanjang hidupnya dan ditambah rezekinya. Sebagaimana hadits Rasullullah SAW yang berbunyi

"Siapa pun yang ingin dilancarkan rizqinya dan diperpanjang usianya, maka lakukan hubungan silaturahmi. "

Terhubung dengan Allah SWT
Menghubungkan ikatan pertemanan akan menghubungkan dengan Allah SWT sebagaimana disebutkan hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah ra ia berkata bahwa sesungguhnya Rasulullah saw bersabda:

"Allah SWT menciptakan makhluk, sampai ketika Dia selesai dari (menciptakan) mereka, rahim berdiri mengatakan: Ini adalah posisi orang yang berlindung dengan Anda dari memutuskan. Dia berkata:" Sungguh, apakah Anda senang jika saya menghubungkan orang yang menghubungkan Anda dan memutuskan siapa yang memutuskan Anda? "Dia menjawab: ya. Dia berkata:" Itu untuk Anda "

Penyebab masuk surga dan dijauhkan dari neraka
Balasan orang-orang yang menghubungkan ikatan kekekrabatan adalah akan dekat dengan surga dan dijauhkan dari api neraka. Sebagaimana dinyatakan dalam hadits berikut:

"Kamu menyembah Allah dan tidak menyekutukan apa pun dengan-Nya, mendirikan sholat, melakukan zakat, dan menghubungkan tali silaturahmi" 

Merupakan bentuk kepatuhan kepada Allah SWT
Menghubungkan ikatan kekerabatan adalah salah satu hal yang diperintahkan oleh Allah SWT kemudian dengan melaksanakan perintahnya maka kita patuh kepada Allah SWT. Menjalin silaturahmi ini juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan moral terpuji.

Pahalanya seperti membebaskan budak
Sebuah hadits memperingatkan bahwa dari Ummul Maimunah bint al-Harith, bahwa ia membebaskan budaknya dan tidak memberi kabar kepada Nabi sebelumnya, ketika pada hari ia berbalik ia berkata: Apakah Anda merasa wahai Rasulullah Saya telah membebaskan budak perempuan saya? Dia bertanya: "Apa yang telah kamu lakukan?" Dia menjawab: Ya. Dia berkata: "Jika Anda memberikannya kepada paman Anda, Anda akan mendapat pahala yang lebih besar untuk Anda."

Memberi sedekah untuk keluarga tidak seperti sedekah kepada orang lain
Mengunjungi kerabat dan memberi sedekah adalah salah satu perbuatan mulia dan memiliki manfaat besar. Pemberian amal kepada keluarga lebih diutamakan daripada memberi sedekah kepada orang lain dan dapat terhindar dari tindakan riya. Memberi sedekah kepada keluarga dan orang lain lalu menceritakannya atau riya adalah salah satu hal yang menghilangkan pahala amal sedekah.

Mengundang pujian
Orang yang menghubungkan tali silaturrahmi, dia akan dipuji di tengah-tengah umat manusia, sementara orang yang memutuskannya akan dikecam dari mereka. Jika kita melihat seseorang yang sangat perhatian dengan kerabatnya, suka membantu mereka yang dirampas dan memiliki hubungan yang baik dan dekat dengan mereka, tentu saja kita akan senang dan sangat setuju dengan apa yang dia lakukan dan memuji tindakannya.

Menciptakan perdamaian, cinta, dan hubungan di tengah-tengah keluarga dan kerabat
Dengan penerapan syari'at yang menghubungkan tali silaturrahmi di tengah-tengah masyarakat, ia akan membangun cinta dan kasih sayang, kedamaian dan ketenangan, sehingga hubungan baik itu menjadi meluas di tengah-tengah mereka.

Itulah yang bisa Saya sampaikan mengenai manfaat silaturahmi bagi kesehatan jasmani maupun rohani. Nantikan pula artikel lainnya tentang :
- hikmah silaturahmi
- hadits tentang silaturahmi dan artinya
- ayat tentang pentingnya silaturahmi 
- hadits tentang silaturahmi memperpanjang umur 
- manfaat silaturahmi bagi kehidupan bermasyarakat

Sumber :
https://dalamislam.com/akhlaq/keutamaan-menyambung-tali-silaturahmi
https://abumusa81.wordpress.com/2012/10/23/keutamaan-menyambung-silaturahmi/

============================

LAGI PROMO

Kaos Pakai Nama Anak
Topi Pakai Nama Anak
Kupluk Pakai Nama Anak
Ensiklopedi Asmaul Husna
Setan Pun Hafal Ayat Kursi
==========================
Back To Top