Doa Sebelum Belajar dan Artinya Lengkap


Kita tahu bahwa mencari ilmu itu hukumnya wajib terutama ilmu yang berhubungan atau yang akan dipakai untuk beribadah atau menjalankan syariat agama Islam, semisal ilmu tauhid, ilmu sholat, ilmu puasa, ilmu zakat, ilmu tajwid, ilmu hadits dan segala macam ilmu lainnya.

Wajibnya pun tidak ada batasan umur, kalau mengaku muslim, berakal dan sudah balig, maka sudah terhukumi wajib dalam mencari ilmu agama, entah itu di pesantren, majlis taklim, mesjid, pengajian umum dan lain sebagainya. Namun ketika kita akan mulai belajar ilmu tersebut, maka salah satu ada adab sopan santun dalam Islam ketika kita akan belajar adalah membaca bacaan doa sebelum belajar. Islam telah jauh-jauh hari mengaturnya sedemikian rupa, dengan tujuan semua perbuatan yang kita lakukan mengandung nilai ibadah sehingga mendapat pahala.

Saya yakin sahabat semua pastinya sudah hafal dan sudah biasa mengamalkan bacaan doa akan belajar yang nanti akan Saya tulis. Namun kayaknya sih tidak salah kalau Saya menulis kembali, hitung-hitung pengingat saja bagi Saya sendiri dan obat lupa bagi sahabat yang kurang hafal dengan doa tersebut.

Bagi murid-murid SD, bacaan doa hendak belajar sudah lumrah karena memang selalu dibaca sebelum mereka mulai belajar. Membacanya pun berjamaah, sehingga bagi yang belum hafal pun bisa hafal secara perlahan karena faktor pengulangan tiap hari. Begitu juga untuk anak-anak TPA atau TQA, mereka pun sudah biasa menghafal doa semacam itu. Namun beda lagi kalau yang belajarnya orang tua, maka belum tentu semuanya hafal dengan doa tersebut. Kalau bacanya lancar, bisa jadi sambil membaca dari tulisan atau buku atau lewat blog ini walaupun banyak juga yang masih hafal. Tapi hafal bukanlah yang terpenting, membacanyalah yang lebih utama.

Baiklah, inilah beberapa bacaan doa memulai belajar yang Saya tulis dalam beberapa versi, lengkap dengan bahasa Arab, latin dan artinya.

Doa untuk mulai belajar versi 1

رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Robbii zidnii ‘ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj’alnii minashshoolihiin.
Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu, dan berilaku aku karunia untuk dapat memahaminya, dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang saleh.

Doa ketika akan belajar versi 2

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا


Rodlititu billaahi robbaa, wa bil-islaami diinaa, wabimuhammadin nabiyyaw warasuulaa, robbii zidnii 'ilmaa, warzuqnii fahmaa.
“Kami ridho Allah sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik.

Bacaan di atas berdasarkan hadits riwayat Ahmad No.18199, Ibnu Maajah No.3860 dan Kitab Al-Adzkaar An-Nawawy halaman 74, silahkan dicek ya.


Doa Sebelum Belajar


Doa mau belajar ilmu Islam versi 3


اَللَّهُمَّ أَلْهِمْنىِ عِلْماَ اَعْرِفُ بِهِ اَوَامِرَكَ وَاَعْرِفُ بِهِ نَوَا هِيَكَ وَارْزُقْنِى اَللَّهُمَّ بَلَغَةَ فَهْمِ النَبِيِّيْنَ وَفَصَاحَةِ حِفْظِ الْمُرْ سَلِيْنَ وَسُرْ عَةِ اِلْهَامِ الْمَلاَئِكَةِ الْمُقَرَّبِيْنَ وَاَكْرِمْنِى . اَللَّهُمَّ بِنُوْرِ الْعِلْمِ وَسُرْعَةِ الْفَهْمِ وَاَخْرِجْنِى مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَافْتَحْ لِى اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ وَعَلْمِنِى اَسْرَارَ حِكْمَتِكَ يَارَبَّ الْعَا لمَِيْنَ



Alloohumma alhimnii ‘ilmaa, a’rifu bihi awaamiroka wa a’rifu bihi nawaahiyaka waarzuqnii. Alloohumma balighotam fahmin nabiyyiina wa fashoohati hifzhil mursaliina wa sur’ati ilhamil malaa-ikatil muqorrobiina wa akrimnii. Alloohumma binuuril ‘ilmi wasur’atil fahmi wa akhrijnii min zhulumaatil wahmi waftah lii abwaaba rohmatika, wa 'alliminii asrooro hikmatika, yaa robbal ‘aalmiin.
Wahai Allah, ilhamilah aku dengan ilmu yang dapat menjadi alat untuk mengetahui semua suruhan-Mu dan berilah aku rizqi. Wahai Allah, sampainya kefahaman yang mendalam dari para nabi dan kefashihan hafalan para Rosul serta cepatnya ilham para malaikat muqorrobiin, maka karuniakanlah kepada ku. Wahai Allah, dengan cahaya ilmu dan cepat tanggap dalam kefahaman serta keluarkanlah aku dari kegelapan keraguan dan bukakanlah untukku semua pintu rahmat-Mu dan ajarkanlah kepadaku rahasia hikmah-Mu. Wahai Tuhan semesta Alam.


Doa sebelum belajar versi 4

اَللهُمَّ اِنِّى اَسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Alloohumma innii astawdi'uka maa 'allamtaniihi fardudhu ilayya 'inda haajatii walaa tansaniihi yaa Robbal 'aalamiin.
Ya Allah! sesungguhnya aku menitipkan kepada Engkau ilmu-ilmu yang telah Engkau ajarkan kepadaku, dan kembalikanlah kepadaku sewaktu aku butuh kembali dan janganlah Engkau lupakan aku kepada ilmu itu wahai Tuhan seru sekalian alam.

Lalu apa hikmahnya kita sebagai muslim dianjurkan untuk membaca doa menuntut ilmu di mana pun kita berada ? Tujuannya adalah agar hati dan pikiran kita bisa fokus, tenang dalam menerima ilmu tersebut, selalu berfikiran positif, tidak mengingat hal-hal lain yang kurang bermanfaat. Dengan demikian jika kita bisa fokus, maka kemungkinan besar, ilmu yang dipelajari akan cepat mudah terserap dan susah lupanya serta gampang dipraktekkan. Jika kebetulan belaar di sekolah, maka ada soal sesulit apa pun pasti ada jalan keluarnya dan bisa menyelesaikannya.

Lalu apakah cukup dengan berdoa saja ? Tentu tidak saudaraku. Ada banyak tips lain yang harus dilalui agar kita bisa sukses dalam belajar, minimal apa yang kita pelajari bisa dimengerti dan difahami. Oleh karena itu, selain mengamalkan bacaan doa untuk belajar, ada baiknya Anda juga melakukan beberapa tips yang mendukung suksesnya belajar, yaitu :

  • Harus tahu dulu apa tujuan kita belajar, misalnya supaya kita bisa praktek sholat. Kalau tujuan sudah jelas, kemungkinan besar kita akan selalu fokus pikiran dengan tujuan tersebut.
  • Harus tahu apa target yang ingin dicapai dari hasil belajar, misalnya sholat kita ingin sempurna dan diterima oleh Alloh.
  • Teguh dengan jadwal belajar yang telah ditentukan, sehingga jika kita melanggarnya ada baiknya membuat sangsi sendiri misalnya harus sholat sunat 100 roka'at.
  • Tuliskan ilmu-ilmu yang penting pada buku atau setidaknya membuat ringkasan dengan ilmu yang telah dibahas sehingga mudah mengingatnya.
  • Baca lagi ilmu yang telah didapat secara berulang lalu praktekkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Itu saja dahulu, informasi tentang doa sebelum belajar yang biasa kita baca ketika akan menuntut ilmu. Sobat bisa memilih salah satu doa di atas. Namun kalau sekiranya memang mau, tentunya lebih afdhol jika dibaca semuanya, jadi semua pendapat atau hadits yang berkenaan dengan doa di atas kita praktekkan semuanya.

Oh ya, setelah sobat belajar, jangan lupa selalu membiasakan juga untuk membaca bacaan doa sesudah belajar, jadi lengkaplah proses belajar kita. Mengapa dikatakan lengkap dan sempurna ? Karena kita belajar diawali dengan berdoa dan diakhiri juga dengan berdoa. Itulah adab atau etika dalam Islam yang sangat indah dan memukau. Semua kegiatan apa pun selalu diawali dengan doa.

Insya Alloh, Saya juga akan menulis artikel lain di blog ini tentang doa sehari hari lainnya yang dibaca pada aktivitas tertentu, misalnya doa masuk kelas, doa sebelum makan, doa sesudah makan, doa mau tidur, doa sebelum bekerja, doa doa harian untuk kanak kanak dan lain sebagainya. Bukan Saya bisa, tapi ini hanya pengingat bagi Saya yang juga sedang belajar doa.

============================

LAGI PROMO

Kaos Pakai Nama Anak
Topi Pakai Nama Anak
Kupluk Pakai Nama Anak
Ensiklopedi Asmaul Husna
Setan Pun Hafal Ayat Kursi
==========================
Tag : doa
Back To Top