Sejarah Nabi Muhammad


Sebagai umatnya, maka sudah sewajarnya kita mengetahui sejarah nabi muhammad SAW dari lahir sampai wafatnya. Kalau sejarah pejuang kemerdekaan atau tokoh luar negeri yang diidolakan bisa hafal, masa sih sebagai umatnya, sejarah seorang tokoh yang satu ini dan telah dinobatkan sebagai tokoh paling berpengaruh di dunia, tidak tahu sama sekali.

Nabi Muhammad lahir di Mekkah tanggal 12 Rabiul awal hari Senin tahun Gajah atau bertepatan dengan tanggal 20 April 571 Masehi dan dalam keadaan yatim. Beliau merupakan keluarga dari Bani Hasyim yang juga merupakan kabilah tersohor dan terkemuka. Beliau disusui oleh ibunya Siti Aminah dan Tsuwaibatul Aslamiyah. Selanjutnya disusui oleh pembantunya Halimatu Sa'diyyah dari qabilah Bani Sa'id dan tinggal bersama keluarga mereka kurang lebih 4 tahun dan kemudian dikembalikan lagi kepada ibunya.

Ketika ibunya membawa ke kerabatnya di Madinah dan akan pulang kembali ke Mekkah, ibunya Aminah meninggal dunia di perjalanan karena sakit dan langsung dikuburkan di Abwa. Sepeninggal ibunya, Nabi diurus oleh pamannya Abu Thalib secara bergantian dengan kakenya Abdul Muthalib. Masa remajanya beliau gemar berdagang bersama pamannya dengan jujur sehingga beliau diberi gelar Al Amin.

Pada usia 25 tahun beliau menikah dengan Siti Khadijah binti Khuwailid seorang janda kaya yang kepincut dengan akhlaknya yang luhur. Setelah Khadijah meninggal dunia, beliau pun menikah kepada janda-janda lainnya, hanya satu gadis yang beliau nikahi yaitu Aisyah. Beliau menikahi para janda tersebut dengan tujuan dakwah dan bukan tujuan lain seperti yang banyak dituduhakan kaum kafir sekarang.

Pada saat berumur 40 tahun 6 bulan 8 hari, Beliau menerima wahyu pertama di gua Hira yakni surat Al 'Alaq ayat 1-5. Dalam keadaan takut, beliau diyakinkan oleh seorang pendeta Nasrani yaitu Waraqah bin Naufal tentang kebenaran wahyu tersebut karena telah tercatat dalam kitabnya. Pada tahun 611 akhirnya beliau melakukan dakwah secara terang-terangan dan mengaku sebagai Rasul Allah yang telah dipilihnya karena beliau telah diangkat jadi Rasul pada malam 17 Ramadhan bertepatan dengan 6 Agustus 611 M. Sejak itu, wahyu pun terus turun secara bertahap selama kurang lebih 23 tahun.


Sejarah Nabi Muhammad


Penyebaran Islam yang dilakukan Nabi, mula-mula dilakukan secara sembunyi-sembunyi kepada keluarga, kerabat dan kenalan Nabi. Dakwah secara sembunyi-sembunyi ini dilakukan selama 3 tahunan. Selanjutnya setelah itu, barulah Nabi melakukan dakwah secara terang-terangan. Akibatnya bisa ditebak, banyak pengikut Muhammad yang disiksa karena membenarkan agama baru tersebut.

Pada tahun ke 10 kerasulannya, beliau ditinggal wafat oleh istrinya Khadijah yang  berumur 65 tahun dan pamannya Abu Thalib, sehingga hal ini memperberat situsi saat itu, dimana kaum kafir semakin menjadi-jadi dalam mengejek, memaki dan mengganggu dakwah beliau. Namun walau kekasaran mereka telah melebihi batas kemanusiaan, Nabi Muhammad tidak pernah membalasnya dengan kejahatan tapi dibalaslah dengan akhlak yang mulia.

Pada tahun ke 13 dari kenabian yakni pada tahun 622 M, beliau berhijrah beserta sahabatnya ke kota Habsyah dan selanjutnya ke Madinah untuk menghindari permusuhan kaum kafir Quraish yang ingin membunuhnya dan kedatangannya di Madinah adalah awal penanggalan tahun hijriyyah. Selanjutnya beliau menghimpun kekuatan untuk menyerang kafir Quraish yang selalu mengajak permusuhan dan mereka kalah telak dengan sedikit pertumpahan darah.

Akhirnya Beliau wafat pada tanggal 12 Rabiul awal tahun 11 hijriyah atau 8 Juni 632 M pada waktu dhuha di usia 63 tahun. Riwayat lain ada yang menyebutkan meninggal pada bulan Shafar. Itulah sedikit ringkasan singkat sejarah Nabi Muhammad SAW yang bisa Saya sampaikan. Mudah-mudahan bermanfaat.

============================

LAGI PROMO

Kaos Pakai Nama Anak
Topi Pakai Nama Anak
Kupluk Pakai Nama Anak
Ensiklopedi Asmaul Husna
Setan Pun Hafal Ayat Kursi
==========================
Tag : Nabi Muhammad
Back To Top