Pengertian Dakwah Islam


Setiap muslim pasti sering mendengar istilah dakwah Islam. Apa sebetulnya pengertian dakwah Islam tersebut ? Berikut ini blog yang berisi artikel tentang agama Islam ini akan mendeskripsikan arti daripada dakwah Islam. Kami membatasinya hanya dari segi pengertiannya saja karena jika dibahas secara keseluruhan termasuk cara atau metode berdakwah, tentu akan sangat panjang sekali.

Secara harfiyyah, dakwah berarti seruan atau ajakan. Islam secara harfiyyah berarti keselamatan. Dengan demikian pengertian dakwah Islam secara harfiyyah adalah ajakan menuju keselamatan. Yang dimaksud tentunya keselamatan hidup di dunia dan di akhirat. Sedangkan pengertian dakwah Islam secara istilah adalah mengajak untuk mengimani ajaran syariat Islam serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk di dalamnya mengajak kepada kebaikan dan mencegah kemunkaran, yang dilakukan secara terus menerus sehingga mampu menciptakan masyarakat yang lebih baik.

Adapun dalam prakteknya, dakwah Islam harus disesuaikan dengan kondisi mereka yang akan didakwahi. Dakwah di masyarakat tentu akan sangat berbeda dengan dakwah di kampus. Dakwah kepada orang tua pasti berbeda dengan dakwah kepada remaja dan anak-anak. Makanya perlu pemahaman dan ilmu bagi seorang da'i bagaimana cara berdakwah yang tepat sesuai dengan obyek pendengarnya. Rumuskan apa tujuan akhir yang ingin dicapai dalam berdakwah tersebut terhadap para pendengarnya. Jangan sampai tujuan akhir yang akan dicapai dari dakwah, sama sekali tidak tersentuh oleh penda'i, yang ada malahan kesan dari pendengar bahwa pendakwah tadi sangat humoris, galak, musisi, misalnya. Jadi pendengar lebih memperhatikan si pendakwahnya, bukan materi yang diungkapkan oleh da'i tersebut.

Rasulullah selalu berdakwah dengan lemah lembut, halus, sopan dan menyenangkan. Makanya, jangan heran jika Baginda termasuk dari 100 orang yang berpengaruh di dunia urutan pertama, karena ketinggian akhlaknya dalam segala perilaku termasuk dalam berdakwah. Tentunya ini harus dijadikan acuan bagi para da'i, bahwa keberhasilan dakwah adalah metode penyampaiannya dengan lemah lembut, sopan, halus, tanpa sindiran yang menyakitkan, logis dan lain sebagianya.


Pengertian Dakwah Islam


Selain pengertian di atas, ada beberapa pengertian dakwah Islam menurut beberapa pakar dakwah Islam, diantaranya :
  • dakwah adalah mengajak orang lain untuk meyakini dan mengamalkan aqidah dan syariat Islam yang terlebih dahulu telah diyakini dan diamalkan oleh pendakwahnya. (A. Hasmy -  Dustur Dakwah Menurut al-Qur’an)
  • dakwah Islam adalah memotivasi manusia agar melakukan kebaikan sesuai petunjuknya, menyuruh mereka berbuat kebajikan dan melarang mereka berbuat kemungkaran supaya mendapat kebahagian dunia dan akhirat. (Syekh Ali Mahfud - Hidayatul Mursyidin)) 
  • dakwah Islam merupakan aktualisasi iman yang dimanifestasikan dalam suatu sistem kegiatan manusia beriman dalam bidang kemasyarakatan yang dilaksanakan secara teratur untuk mempengaruhi cara merasa, berpikir, bersikap, dan bertindak manusia pada tataran kegiatan individual dan sosio kultural dalam rangka mengesahkan terwujudnya ajaran Islam dalam semua segi kehidupan dengan cara tertentu (Amrullah Ahmad) 
  • dakwah adalah gerakan simultan dalam berbagai bidang kehidupan untuk mengubah status quo agar nilai-nilai Islam memperoleh kesempatan untuk tumbuh subur demi kebahagiaan seluruh umat manusia. (Amin Rais) 
  • dakwah merupakan suatu perjuangan hidup untuk menegakkan dan menjunjung tinggi undang-undang Ilahi dalam seluruh aspek kehidupan manusia dan masyarakat sehingga ajaran Islam menjadi shibghah yang mendasari, menjiwai, dan mewarnai seluruh sikap dan tingkah laku dalam hidup dan kehidupannya. (Farid Ma’ruf Noor)
  • dakwah adalah seruan kepada semua manusia untuk kembali dan hidup sepanjang ajaran Allah yang benar, yang dilakukan dengan penuh kebijaksanaan dan nasehat yang baik. (Abu Bakar Atjeh)
  • dakwah adalah mengajak manusia dengan cara bijaksana ke jalan yang benar sesuai dengan perintah Tuhan, untuk keselamatan dan kebahagiaan dunia akherat. (Toha Yahya Umar)
  • dakwah itu adalah usaha mengubah keadaan yang negatif menjadi keadaan yang positif, memperjuangkan yang ma’ruf atas yang munkar, memenangkan yang hak atas yang batil. (Drs. Shalahuddin Sanusi)
  • dakwah ialah menyeru kepada manusia untuk berbuat baik dan menjauhi yang buruk sebagai pangkal tolak kekuatan mengubah masyarakat dan keadaan yang kurang baik kepada keadaan yang lebih baik sehingga merupakan suatu pembinaan. (H. Timur Djaelani, M.A.)
  • dakwah adalah kegiatan untuk mengajak dan menyeru manusia kepada Islam, agar manusia memperoleh jalan hidup yang baik, diridhoi oleh Allah sehingga hidup dan kehidupannya selama berada di dunia dan akhirat kelak, karena hakikat dari pada kehidupan dunia adalah penghantar untuk kehidupan akhirat yang abadi. (Dr. Abdul Karim Zaidan)
  • dakwah dalam Islam adalah mengajak manusia dengan hikmah kebijaksanaan untuk mengikuti petunjuk Allah SWT dan Rasulnya. (Hamzah Ya’qub - Publisistik Islam)
  • dakwah adalah sesautu proses menghidupkan peraturan-peraturan Islam dengan maksud memindahkan umat dari satu keadaan kepada keadaan lain. (Bakhial Khauli)
Itulah beberapa pengertian dakwah Islam menurut para ahli yang mudah-mudahan bisa berguna buat sobat yang sedang mencari apa definisi atau arti daripada dakwah Islam.

============================

LAGI PROMO

Kaos Pakai Nama Anak
Topi Pakai Nama Anak
Kupluk Pakai Nama Anak
Ensiklopedi Asmaul Husna
Setan Pun Hafal Ayat Kursi
==========================
Tag : dakwah islam
Back To Top