Keutamaan Ayat Kursi Setelah Sholat



Tentang keutamaan ayat kursi setelah sholat ini, bisa diketahui berdasarkan beberapa keterangan atau dalil, yakni :

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas rodyallohu 'anhu, Rosululloh bersabda :
"Barang siapa setelah sholat fardhu membaca ayat kursi, Alloh akan menggolongkan hatinya seperti hati orang-orang yang sukur, menjadikan amalnya seperti orang-orang siddiqin, diberi pahala para nabi, dirahmati, tidak akan mati kecuali masuk surga dan masuk surga."

Dari Anas rodiyallohua'hu diceritakan Nabi bersabda :
"Barang siapa melanggengkan membaca Ayat kursi setelah sholat maktubah/sholat fardhu, Alloh akan memberi dia pahalanya orang muttaqin dan amalnya siddiqin".

Dari Abi Umamah diceritakan bahwa nabi bersabda :
"Barangsiapa setiap setelah sholat fardhu membaca ayat kursi, maka Alloh sendiri yang akan mencabut ruhnya ketika meninggal, seperti meninggalnya para Nabinya Alloh sehingga dia mati sahid."

Dari Imam Thobroni diceritakan bahwa Nabi bersabda :
"Barang siapa membaca ayat kursi setelah sholat fardhu, maka dia akan ditanggung Alloh sampai sholat yang akan datang".

Dari Anas rodiyallohu 'anhu diceritakan :
"Barang siapa membaca Ayat kursi setelah sholat fardhu, maka Alloh akan menjaganya dari dia sholat sampai sholat mendatang dan tidak bisa melanggenggkan membacanya kecuali para Nabi, orang siddiqin atau salihin"

Ayat Kursi itu adalah wasiilah (jalan), tapi tidak boleh kita hanya mengkhususkan ayat Kursi saja karena disamping ayat Kursi, ada dzikir dan do’a-do’a lainnya yang dicontohkan oleh Rosuululloh.

Jadi membaca ayat Kursi setelah sholat fardhu itu adalah karena Rosululloh menganjurkannya kepada kita sehingga yang demikian itu adalah Ittiba’ kepada Rosululloh, dan Ittiba’ kepada Rosululloh itu-lah yang dapat menyebabkan kita masuk ke dalam surga.

Apa rahasianya sehingga ayat Kursi bisa menghantarkan kita masuk surga Alloh ? Ternyata dalam ayat Kursi terdapat 5 Hikmah penting :

Mengandung Nama dan Sifat Alloh 
Nama-nama Allah yang terdapat dalam ayat Kursi adalah :
- Allah
- Al Hayyu (Maha Hidup)
- Al Qoyyuum (Maha Tegak, Berdiri)
- Al ‘Aliyyu (Maha Tinggi)
- Al ‘Adziim (Maha Agung).

Nama-mama Alloh di atas yang dengan nama-Nya kita punya kebanggaan yaitu Allah yang diibadahi, Allah Yang Maha Tinggi, Allah tempat kita meminta. Allah adalah Berdiri sendiri, tempat kita bergantung, semuanya itu ada terdapat dalam Ayat Kursi. Oleh karena itu sebenarnya jika manusia menghayati arti ayat Kursi, akan cukup mengarahkan dirinya untuk sampai kepada Allah.

Terdapat Kalimat Tauhid
Orang bila ingin masuk ke dalam surga, kuncinya adalah Kalimat Tauhid: Laa ilaaha illallooh, sebelum kita lahir, di awal kita lahir, di awal kita baligh, bahkan di akhir kita mati, harus mengatakan Laa ilaaha illallooh.

Kalimat tersebut juga terdapat dalam Ayat Kursi. Maka wajar bila kita melazimkan  membaca Ayat Kursi, insya Allah akan memberikan kita Kalimatut Tauhiid. Tidak ada yang berhak di- ibadahi dengan sebenarnya kecuali hanya lah Allah. Yang berhak untuk mendapatkan penghambaan hanyalah Allah

Adanya pengakuan bahwa hanya Allah Pemilik yang ada di langit dan di bumi
Hal ini kita akui, dan pengakuan bahwa Allah adalah Robb, sudah selayaknya jika seseorang menyembah  Allah, tentunya Allah akan memberikan surga kepada yang menghamba-Nya.

Pengakuan bahwa tidak ada yang memiliki Syafa’at kecuali Allah
Yang memiliki Syafa’at hanyalah Allah, Dia yang berkuasa memberi izin kepada orang yang Allah izinkan untuk memberi Syafa’at. Jika seseorang sudah beramal, sholat, dzikir, sholawat ternyata sampai di akhirat ia belum memenuhi syarat masuk surga karena nilainya masih kurang, maka oleh karena itu Allah memberikan kesempatan kepada Nabi Muhammad untuk memberikan syafa’at kepada umatnya.

Dan karena itu ada orang yang seharusnya masuk neraka, diberikan syafa’at lalu bisa masuk surga. Ada orang yang seharusnya masuk neraka yang paling bawah, lalu diberikan syafa’at oleh Nabi, lalu bisa naik, masuk neraka yang lebih ringan. Maka harus kita yakini bahwa syafa’at yang memiliki hanya Allah dan Allah hanya memberi kepada orang yang diizinkan-Nya.


Demikianlah, mudah-mudahan kita mendapat hidayah dari Allah, selalu ditunjukkan jalan yang menuju ridho-Nya, sehingga kita bisa meraih surga dengan derajat yang tinggi. Nantikan pula artikel lainnya yang berhubungan dengan :
- manfaat membaca ayat kursi 100x
- faedah ayat kursi dan cara mengamalkannya
- manfaat ayat kursi untuk jodoh
- hadits tentang ayat kursi
- keutamaan ayat kursi menurut hadis
- fadilah ayat kursi untuk hajat
- khasiat ayat kursi untuk kekayaan
- manfaat ayat kursi untuk menyembuhkan penyakit

Sumber :

============================

LAGI PROMO

Kaos Pakai Nama Anak
Topi Pakai Nama Anak
Kupluk Pakai Nama Anak
Ensiklopedi Asmaul Husna
Setan Pun Hafal Ayat Kursi
==========================
Back To Top